BNN KSB Lakukan Bintek Untuk Dunia Swasta


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Kepala BNN Kabupaten Sumbawa Barat AKBP. Yuanita Amelia Sari, S. Pd mengatakan bahwa, tujuan dari bimbingan teknis penggiat pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) sebagai komitmen bersama dalam dunia swasta yang harus melibatkan kita secara bersama.

"Narkoba harus kita perangi secara bersama-sama, para tamu yang hadir akan menjadi penggiat anti narkoba dalam lingkungan swasta," kata AKBP Yuanita, Selasa, (6/9/2022).

Ia juga menjelaskan, hadir dalam bimbingan teknis tersebut, perwakilan dunia swasta, jasa perhotelan, jasa travel, jasa restoran, jasa transportasi, kurir, Indomaret, jasa kontruksi, alfamart dan siswa pondok pesantren. "Narkoba jangan dianggap sepele, mari proteksi diri dengan teliti dan hati-hati kepada orang yang mencurikan. Jangan sampai karena satu orang akan merembet dengan orang lain," jelasnya.

Dalam bimbingan teknis tersebut, ia menyampaikan juga terkait rehabilitasi kepada para pengguna narkoba. Rehabilitasi adalah cara untuk memulihkan pengguna agar terbebas dari narkoba, proses rehabilitasi memerlukan waktu yang tidak sebentar. Terlebih jika pasien tersebut telah kecanduan narkoba dalam waktu lama.

"Jika sudah sampai pada tahap kecanduan narkoba, bisa dikenali gejalanya seperti selalu ingin mengkonsumsi narkoba setiap hari dan keinginan untuk terus menambah dosis pemakaian. Maka seharusnya kita semua mencegah ini agar tidak sampai terjadi pada keluarga maupun lingkungan kita," tutur Yuanita.

Dia menyampaikan, kalau sampai ada orang di sekitar kita yang mengalami kecanduan narkoba, kita bisa melakukan rehabilitasi agar kondisinya bisa cepat dipulihkan. Ia berharap dengan bimbingan teknis ini, dunia swasta bisa merespon langsung dengan memasang spanduk, baliho di lokasi kerja dan melakukan tes urine kepada para karyawan. "Dalam bintek ini akan membuka wawasan dan pemahaman terkait P4GN," tambahnya.

Setelah sambutan, penyampaian materi oleh narasumber dari Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Ir. H. Muslimin HMY, M. Si, Kasat Pol-PP KSB Agus Hadnan, S. Pd dan Kepala BNN KSB AKBP. Yuanita Amelia Sari, SE., M. Si kepada para penggiat P4GN di lingkungan swasta. Selesai penyampaian dan pemaparan materi oleh narasumber dan langsung  dilakukan proses tanya jawab. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.