Pengwil NTB IPPAT Gelar Berbagai Kegiatan, Sambut HUT Ke 35


Lintas NTB, Lombok Tengah - Sambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 35, Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT). Pengurus Wilayah Nusa Tenggara Barat Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (Pengwil NTB IPPAT) mengadakan berbagai macam aneka kegiatan, mulai dari senam bersama, bersih-bersih Pantai, pelepasan balon HUT IPPAT ke 35, penampilan gendang beleq, music show dan peragaan busana karnapal khas sasak yang berlokasi di Kuta Mandalika, Lombok Tengah, pada Sabtu, 17 September 2022.


Ketua (Pengwil IPPAT NTB), Baiq Lily Chaerani SH, mengatakan, Alhamdulillah masyarakat Kuta Mandalika begitu sangat antusias ikut serta meramaikan rangkaian acara HUT IPPAT ke 35 kali ini. 


"Kami memilih Kuta Mandalika karena merupakan salah satu sentral destinasi wisata Internasional dengan harapan bisa menjangkau menfaat lebih luas," ujarnya


Lily sapaan akrab Ketua (Pengwil IPPAT NTB), mengaku, kegiatan HUT kali ini cukup panjang dan berlangsung estapet dimulai sejak Sabtu (03/09/22) lalu di Grand Natura Mataram yang di meriahkan dengan berbagai macam lomba.


"Seperti tarik tambang, bakiak, balap karung, sendok kelereng, dan masukkan paku dalam botol. Berlanjut kejuaran bola basket dan bulu tangkis pada minggu (04/09/22) di GOR Taliwang Mataram," ungkapnya.


Ia menambahkan, tingkat pembuatan akta tanah mulai bergeliat pasca pandemi.


"Kawasan wisata kembali dilirik investor, begitupun pembukaan lahan di Perkotaan bagi pembangunan gedung-gedung sudah mulai bangkit," tandasnya.


"Untuk menunjang itu semua, diharapkan Pemerintah dapat permudah perizinan," sambungnya.


Salah satu upaya untuk mencegah dan meminimalisir kasus yang terjadi, kata dia, pihaknya akan gencarkan sosialisasi dan penyuluhan hukum dengan menggandeng Instansi melakukan road show ke lintas Daerah dan perkuat sinergi dengan BPN.


"Sejauh ini, tercatat anggota kita sekitar 300 an dan organisasi yang nakal sudah dibentuk majelis pengawas untuk berikan tindakan tegas dengan regulasi dan aturan yang sudah ditetapkan," tegasnya.


Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Pemegang Divisi Olahraga, Seni dan Budaya (Pengwil IPPAT NTB) Ratih Febrianti, SH. MKN, mengajak skuad internal IPPAT dan masyarakat untuk selalu berolahraga senam pagi agar tetap sehat pasca Covid19 sehingga dapat meningkatkan kinerja dan mendorong kebersamaan yang solid.


Saat ditanya Media, korelasi (Pengwil NTB IPPAT) terhadap eksternal, sambung Ratih, IPPAT siap melebarkan sayap terkhusus untuk turut berdedikasi memajukan pariwisata sekaligus untuk mempromosikan destinasi wisata, IKM, UMKM  berkolaborasi  bersama Pokdarwis di desa-desa wisata.


"Kita kedepannya, akan menggandeng sumber daya manusia yang kompeten sesuai dengan apa yang diharapkan sehingga (Pengwil NTB IPPAT) ini bisa lebih bermanfaat dan dikenal oleh masyarakat," tutup Ratih


Gurbernur yang diwakili staf ahli Hukum, Ruslan Abdul Gani, mengungkapkan, permasalahan tanah secara Nasional begitu kompleks, rentan pertikaian sampai ke ranah keluarga soal pembagian warisan dan dikalangan Pemprov NTB sampai tingkat Kabupaten/Kota sendiri kerap terjadi klaim-klaim terkait aset dan maraknya sertifikat ganda. Pihaknya mengaku banyak menerima gugatan terutama dikawasan wisata.


"Kami harap di momentum HUT  IPPAT ke 35 ini dapat terus berinovasi dan menjadi solusi untuk bisa kita atasi perkara bersama," pungkasnya.


Untuk diketahui, puncak kegiatan HUT IPPAT ke 35 akan berakhir Sabtu depan ( 24/09/22) di Hotel Lombok Raya Mataram ditutup dengan acara fashion show, door prize dan pembagian hadiah.

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.