Psikotes Hari Pertama Berjalan Baik, Peserta Tidak Ada Kendala Dan Kesulitan


Lintas NTB, Sumbawa Barat - Juru bicara Tim Terpadu Rekrutmen Tenaga Kerja pembangunan pabrik Smelter Sumbawa Barat Benny Tanaya mengatakan bahwa, pelaksanaan tes tulis psikotest melalui sistem komputerisasi pada hari pertama, Rabu 21 September 2022 oleh Tim Terpadu Rekrutmen Tenaga kerja pembangunan pabrik Smelter di Kecamatan Maluk Sumbawa Barat telah berjalan dengan lancar. 


Psikotes 5 sesi yang dilaksanakan di gedung CAT BKPSDM Sumbawa Barat diikuti oleh 312 orang peserta atau sebanyak 78%, sedangkan peserta yang tidak mengikuti psikotest pada hari pertama sebanyak 88 orang atau 22% dari jumlah 400 orang yang dijadwalkan mengikuti tes tulis (psikotes) secara abjad dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia ataupun oleh Tim Terpadu.


"Psikotest yang kita selenggarakan dihari pertama tidak ada kendala dan kesulitan terutama yang diikuti oleh ratusan peserta, karena dalam proses seleksi psikotes kami telah mempermudah sistem dan dipandu langsung oleh pihak ECC UGM dan Tim yang berpengalaman dari BKPSDM Sumbawa Barat selaku operator dan membimbing peserta dalam menggunakan perangkat komputer di ruang tes tersebut," ucap Benny.


Begitupula mekanisme ini, lanjut Benny akan kita terapkan di hari berikutnya untuk bisa menuntaskan seleksi psikotes kepada sejumlah 2.027 peserta/pelamar yang telah dinyatakan lulus administrasi. Pelaksanaan psikotes ini kami serahkan sepenuhnya kepada Tim ECC UGM untuk memastikan akurasi hasil dan kualitas seleksi yang terbuka serta bertanggungjawab. "Setelah psikotes terlaksana selama enam hari kedepan yaitu tanggal 26 September 2022, maka kami akan memutuskan melalui pleno penetapan hasil seleksi psikotes secara resmi 3 hari setelah keseluruhan tes tulis ini terlaksana," kata Benny.


Selanjutnya, Tim Terpadu rekrutmen akan masuk ke tahapan interview untuk memastikan jumlah kebutuhan tenaga kerja sebanyak 245 orang pada tahap pertama ini segera kita tempatkan ke perusahaan. Materi Psikotes yang diikuti oleh peserta dihari pertama dan seterusnya sampai tanggal 26 September 2022 kami memberi apresiasi kepada Tim ECC UGM yang telah menyederhanakan soal soalnya dimana soal tersebut disesuaikan dengan jenjang pendidikan masing-masing peserta sebagaimana yang telah dilampirkan dalam link SIP Kanti, serta telah memandu dan membimbing peserta mengenal dengan baik perangkat yang digunakan dalam tes tersebut, sehingga hari pertama psikotes mendapat respon dari peserta sangat bagus dan ini akan berlaku di hari berikutnya sampai psikotes ini berakhir.


"Kami bertanggungjawab keseluruhan tahapan pelaksanaan setiap prosedur rekrutmen ini secara terbuka, transparan dan akan memberi prioritas utama kepada putra dan putri Sumbawa Barat," demikian disampaikan Juru bicara Tim Terpadu Rekrutmen Tenaga kerja Pembangunan pabrik Smelter Sumbawa Barat. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.