Tumbuhkan Peran Masyarakat, Tim Pengabdian Unram Lakukan Sosialisasi Literasi Digital Dan Digital Marketing


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Universitas Mataram (Unram) melakukan sosialisasi Literasi Digital dan Digital Marketing melalui tim pengabdian kepada masyarakat prodi Sosiologi Universitas Mataram Tahun 2022.

Tim pengabdian program studi Sosiologi Universitas Mataram melakukan sosialisasi literasi digital dan digital marketing yang mengambil lokasi di kawasan pantai wisata “Mutiara” di pulau Kaung Kecamatan Buer Kabupaten Sumbawa pada awal bulan September 2022 lalu. Dalam kesempatan tersebut, ketua tim pengabdian Dr. Taufiq Ramdani, S.Th.I., M. Sos menekankan tentang, pentingnya peran warga pada segala lini dan segmen untuk melek tentang literasi digital dan digital marketing, karena penguasaan akan hal tersebut dapat menghantar seseorang pada kesempatan untuk mendapatkan potensi-potensi ekonomi melalui perdagangan digital sekaligus menghindarkannya dari ancaman (Threats) dan dampak negatif yang mengancam. 

"Ada cukup banyak kasus, dimana karena seseorang tidak memahami strategi dan prosedur yang aman di dalam berliterasi digital akhirnya terjebak dalam kasus hukum UU ITE, dan beberapa di antaranya bahkan menjadi korban penipuan serta peretasan melalui media digital," katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa, ada salah satu sisi yaitu sisi terciptanya peluang (opportunity), potensi ekonomi yang tersedia di lingkungan masyarakat setempat baik yang bersumber dari laut, pesisir pantai, serta segenap khasanah sosial-budaya serta tradisi yang mereka miliki dapat berfungsi sebagai sumber kekuatan (Strong), yang mana dengan semakin meluasnya dan terdifersifikasinya system perdagangan digital maka tercipta peluang ekonomi yang luas, salah satunya peluang untuk mendapatkan sumber pendapatan tambahan bagi ekonomi keluarga.

Dimana untuk saat ini mungkin belum termanfaatkan secara optimum disebabkan masyarakat belum sepenuhnya paham tentang strategi perdagangan digital. Tidak adanya upaya untuk meng”edukasi” masyarakat pesisir dan perdesaan tentang literasi digital dan digital marketing inilah yang menjadikan mereka semakin terjebak dalam kelemahan (Weekness) dalam menghadapi system perdagangan dan interaksi sosial-ekonomi yang kian global dan serba digitalistik. 

"Ada banyak hal yang bisa dilakukan melalui digital marketing untuk meningkatkan daya jual dan jangkauan ekonomi masyarakat, bahkan yang di perdesaan atau pesisir dan pulau-pulau kecil, termasuk pulau kaung. Itulah yang menjadi urgensi dilakukannya sosialisasi literasi digital dan digital marketing pada tahun ini oleh tim pengabdian Program Studi Sosiologi Universitas Mataram," pungkasnya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.