Bhabinkamtibmas Desa Mpili Tanamkan Nilai Etika dan Kedisiplinan Terhadap Siswa


Lintas NTB
, Kabupaten Bima - Salah satu tugas dan tanggung jawab bhabinkamtibmas yaitu melaksanakan sosialisasi yang dapat menyentuh semua kalangan terutama dikalangan anak-anak. Seperti yang dilakukan Brigadir Lalu Candra Windana pada siswa SDN O'O Kecamatan Donggo Kabupaten Bima, pada Jumat, (04/11/2022).

Sebagai Bhabinkamtibmas Desa Mpili, Brigadir Lalu Candra Windana melakukan pendekatan kepada siswa dalam rangka membina mental, disiplin serta memberikan motivasi dan semangat kepada anak- anak sejak usia dini.

Ia juga menanamkan kecintaan anak- anak kepada polisi sejak dini. Selain itu diharapkan para siswa ini kelak kalau sudah dewasa bisa lebih disiplin dan mematuhi segala peraturan perundangan. Ada banyak cara yang dilakukan bhabinkamtibmas ini untuk mendekati masyarakat di Desa binaannya yaitu dengan bersilaturrahim secara terus menerus di setiap rumah warga, berbaur dengan komunitas muda-mudi Desa, mendekati anak-anak dan orang tuanya dengan sikap santun, sabar serta bertutur kata yang baik dan humanis.

Sadar akan tugas dan tanggung jawab moralnya. Bhabinkamtibmas tidak hanya bertugas untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat melainkan turut aktif memberikan kontribusi dengan mendidik, membina dan melatih para siswa atau anak-anak di sekolah. 

"Karakter anak-anak ini harus dibentuk sejak dini supaya kelak mereka akan menjadi generasi yang bermoral baik, disiplin serta mampu menjaga sikap dan perilaku yang dapat mencederai keamanan dan kenyamanan masyarakat," pungkasnya.

Sebelum memberi nasehat, biasanya ia suka bagi-bagi makanan atau jajan makan bersama sembari memberikan pesan dan nasehat supaya mereka lebih semangat dalam melakukan kegiatan belajar mengajar, menghormati guru yang mengajar dan Kepala Sekolah pada saat di sekolahan. Tidak hanya itu, di rumah para siswa ini harus lebih menghormati orang tua. Hal itu dilakukan agar mejadi generasi bangsa yang berbakti.

"Terima kasih sudah mengabdi untuk Desa kami, semoga berkah, kami sadar bahwa jauh dari keluarga, istri dan anak-anak memang tidak mudah. Dan kami berharap ini bisa terus bersama keluarganya meskipun kami belum bisa melepaskannya kembali," tutupnya. (LNG06)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.