11 Desa Bersinar Resmi Diluncurkan Sejak 2019-2022, Desa Kalimantong Jadi Salah Satunya


Lintas NTB
, Sumbawa Barat – Desa Kalimantong, Kecamatan Brang Ene ditetapkan sebagai Desa Bersih dari Narkoba atau Desa Bersinar. Penetapan Desa Kalimantong sebagai Desa Bersinar dilakukan oleh Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Volly Sangaria, Desa Kalimantong, Kecamatan Brang Rea pada Jumat pagi (23/12/22).

Launching ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati didampingi Wakil Ketua DPRD KSB, Ketua TP. PKK KSB, Kepala BNN KSB, Kepala Kemenag KSB, Kepala Bakesbangpol KSB dan pejabat lainnya.

Hadir juga dalam kesempatan ini, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra pada Setda KSB, Kasat Pol PP KSB, Kepala Dinas Kesehatan KSB, Kepala Dinas Pariwisata KSB, staf ahli serta jajaran Kepala OPD Lingkup Pemerintah KSB.

Penetapan Desa Bersinar dilakukan sebagai bentuk sinergisitas antara Badan Narkotika Nasional (BNN KSB) dengan Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa dan masyarakat KSB dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di tingkat desa atau Kelurahan yang dikelola secara partisipatif, terpadu, dan berkelanjutan berbasis pendayagunaan sumber daya di desa maupun kelurahan.

Kepala BNN Kabupaten Sumbawa Barat, AKBP Yuanita Amelia Sari mengungkapkan bahwa semenjak tahun 2019 hingga tahun 2022, sebanyak 11 Desa Bersinar di Kabupaten Sumbawa Barat telah diluncurkan termasuk Desa Kalimantong.

Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pencegahan, penanganan dalam penyalahgunaan narkoba merupakan tugas bersama, khususnya para ibu-ibu. 

“Ibu adalah madrasah pertama dalam keluarga, namun bukan berati sosok laki-laki sebagai seorang ayah terlepas dari tanggung jawab. Kerjasama antara orang tua dalam mendidik, menjaga, dan memantau anak-anak sangat dibutuhkan agar generasi KSB terhindar dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Dalam suasana hari ibu ini, saya titipkan generas-generasi ini kepada ibu-ibu, saya titipkan bapak-bapak kepada ibu-ibu. Para perempuan KSB merupakan perempuan yang cerdas, hebat dan tangguh terbukti dengan banyak sekali kegiatan-kegiatan di KSB yang dimotori oleh ibu-ibu, dari Tuntas Baca Al-Qur’an, STBM, Lomba Fashion Show, dan lain sebagainya," ungkap Bupati. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.