Optimalisasi Sistem Informasi Pelayanan RSUD Asy-Syifa Sumbawa Barat


Lintas NTB, Sumbawa Barat
- Sistem informasi juga dapat di artikan sebagai kombinasi dari teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Sebuah sistem merupakan piranti penting dan sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau instansi resmi. 

Hal ini karena dengan adanya sistem yang terintegrasi, kinerja suatu perusahaan atau instansi akan lebih terarah dan sistematis. Namun untuk mendapatkan dampak positif dari penggunaan sistem, semua unsur – unsur yang terkait didalamnya harus berkerja sama guna mencapai tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

John F. Nash menyatakan bahwa pengertian sistem informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.

Kemudian menurut Henry Lucas, Pengertian sistem informasi adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan, apabila dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam.

Serta Pengertian sistem informasi menurut Alter adalah sebagai tipe khusus dari sistem kerja dimana manusia dan/mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/jasa bagi pelanggan.

Sistem informasi mempunyai ciri sebagai berikut: Baru, artinya bahwa suatu sistem informasi yang didapat merupakan informasi yang baru dan segar bagi penerima. Tambahan, adalah informasi dapat diperbaharui atau memberikan tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah ada.

Kolektif, adalah informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya. Penegas, adalah informasi yang dapat mempertegas informasi yang telah ada. Adapun beberapa fungsi dari SI, diantaranya adalah sebagai berikut, mampu menjadi tingkat ketersediaan kualitas dan pengalaman dalam mengelola sebuah sistem informasi secara kritis dan logis. Mampu meningkatkan produktivitas kerja pada seluruh stakeholders. Mampu menganalisa dan meminimalisir terjadinya kerugian dari sisi ekonomi.

Memberikan aksesibilitas yang baik kepada pengguna. Dapat mencapai tujuan perusahaan secara cepat berdasarkan dukungan data yang dapat dipertanggung jawabkan.

RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat merupakan rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Prinsip pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan berdasarkan Profil RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat Tahun 2020 mengacu pada fungsi sosial, manajemen pelayanan yang bermutu dan pengembangan kompetensi pemberi pelayanan kesehatan agar dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Rumah sakit yang dibangun ini bertujuan memberi pelayanan kesehatan yang dapat menjangkau masyarakat berpenghasilan menengah kebawah serta fasilitas pendukung upaya siaga penanganan bencana alam, sehingga pembangunan sarana pelayanan kesehatan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Dalam memberikan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat, RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat selalu mengembangkan diri dari tahun ke tahun, mulai dari pelayanan administrasi satu pintu, pelayanan klinis yang meliputi Instalasi Rawat Jalan yang memiliki 15 klinik layanan, Instalasi Rawat Inap, Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang siap melayani kondisi darurat selama 24 jam, Instalasi Bedah Sentral. 

Kemudian pelayanan penunjang yang dibagi menjadi 2 yaitu pelayanan penunjang klinis seperti radiolagi, laboratorium, farmasi/ apotek, fisioterafi, ruang pelayanan darah (Bank Darah Rumah Sakit) dan ruang jenazah. Serta pelayanan penunjang non klinis seperti gizi, ambulance dan lainnya. Namun semua pelayanan yang ada di RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat ini, masih banyak masyarakat di Sumbawa Barat yang belum tahu bahkan pengunjung yang datang ke rumah sakit kadang bingung mau berobatnya ke klinik mana. Hal ini terjadi karena masih kurangnya informasi di dalam gedung dan diluar gedung tentang pelayanan apa saja yang ada di RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat.

Direktur dan manajemen RSUD Asy- Syifa’ Sumbawa Barat mulai menyadari bahwa pentingnya sebuah inovasi baru dalam pengembangan sistem informasi yang khususnya terkait layanan yang dulunya sedikit terabaikan. Media massa online dan cetak yang menjadi andalan RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat dalam memberikan informasi kepada masyarakat dan saat ini juga akan dikembangkan lagi media milik RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa sendiri, selain untuk memberikan informasi terbaru kepada masyarakat hal ini juga dikarenakan perkembangan zaman yang menuntut seluruh instansti pemerintah agar mempunyai akses informasi yang dapat dengan mudah diperoleh oleh seluruh masyarakat di dunia.

Langkah awal yang telah dilaksanakan oleh manajemen RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat adalah dengan mempersiapkan SDM yang akan mengelolah sistem informasi tersebut melalui Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit. Kemudian akan mengintegrasikan informasi mulai dari webside RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat yang terintegrasi dengan seluruh media social RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat ( Youtube, Facebook dan Instagram) dengan slogan “satu informasi untuk semua” diharapkan dapat lebih cepat menjangkau pada masyarakat.

Sedangkan untuk di dalam Gedung sendiri akan disiapkan layar TV di ruang tunggu lobby dan Poli Klinik yang akan diputarkan informasi tentang RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat dan Informasi Kesehatan lainnya.

Selain pembenahan pada sistem informasi, Unit PKRS juga akan melaksanakan penyuluhan secara langsung kepada pengunjung RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat dan tiap bulannya akan ada mini Talk Show dengan Dokter Spesialis yang disiarkan langsung melalui Youtube, Facebook dan Instagram, sehingga masyarakat bisa bertanya langsung kepada Dokter Spesialis dan informasi kesehatan pun akan mudah tersampaikan.

Semakin banyak informasi tentang RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat yang diterima oleh masyarakat, diharapkan akan semakin menambah pengetahuan masyarakat, sehingga Ketika masyarakat Sumbawa Barat dan sekitarnya membutuhkan layanan Kesehatan yang segera, maka bisa langsung datang ke RSUD Asy-Syifa Sumbawa Barat.

Dengan motto “Berbuat Baik dan Selalu Hadir Untuk Masyarakat”, Direktur dan Manajemen RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat berkomitmen untuk terus maju dan berkembang dengan segala inovasi yang berdasarkan pada kebutuhan layanan masyarakat, agar masyarakat bisa terlayani dengan cepat dan tepat, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dan derajat kesehatan masyarakat Sumbawa Barat semakin meningkat.

Terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat atas segala bentuk dukungan kepada RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat untuk terus masju dan berkembang dan nantinya akan menjadi salah satu rumah sakit terbaik di Provinsi NTB.

Salam sehat untuk kita semua, mari maju dan berkembang Bersama dengan inovasi-inovasi terbaik, untuk mewujudkan KSB Baik Luar Biasa. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.