Bupati Lombok Barat Hadiri Pelantikan Pengurus Majelis Adat Sasak (MAS) Periode 2022-2027


Lintas NTB, Lombok Barat - Pelantikan Pengurus Majelis Adat Sasak (MAS) yang dilaksanakan di Bencingah Agung Kantor Bupati Kamis, 26 Januari 2023 di hadiri oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Anggota Forkopimda Provinsi NTB , Anggota Forkopimda Lombok Barat, Para Sesepuh Adat  Sasak , Kepala OPD, Camat dan Perwakilan dari Kepala Daerah Se NTB.


Dalam Sambutannya Pengelinsir H.Lalu Sajim Sastrawan menyampaikan terima kasih kepada Pemda Lobar yang sudah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan pelantikan.

Majelis Adat Sasak Telah Melakukan Konsolidasi dan merupakan Rumah bagi masyarakat dalam berkiprah, bertoleransi dalam berbangsa dan bernegara.

MAS merangkul semua kalangan baik dari masyarakat biasa, serta Bangsa Sasak Bersatu guna membangun Bangsa Sasak yang saling asah dan saling asuh serta berkontribusi dalam pembangunan daerah maupun nasional.

"Bangsa Sasak tidak hanya merangkul satu agama saja , melainkan merangkul keanekaragaman umat beragama yang ada di NTB" ujarnya.


Menurut Sajim MAS bersinergi serta Bekerjasama dengan para Petinggi Daerah dalam membangun Daerah serta berkontribusi dalam menyelesaikan persoalan-persoalan di masing-masing daerah.


Sementara itu Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid dalam sambutannya mengatakan MAS menjadi pelopor bagi Suku Sasak untuk selalu bangga dari segala sisi. Selain itu MAS juga mampu mengangkat harkat dan martabat seluruh Suku Sasak. "Hal ini dapat dimulai dengan membangun MAS yang inklusif secara berkelanjutan dengan memasukkan program-program MAS dalam mendukung Pemerintahan Daerah dalam membangun serta bersinergi dan berkolaborasi" ujar Fauzan Khalid.


Dalam Sambutannya Gubernur NTB yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTB Lalu Gita Aryadi menyampaikan akan mendukung penuh program Majelis Adat Sasak seperti promosi diplomasi budaya adat Sasak .

Pelantikan Pengurus tersebut bertujuan untuk konsolidasi dan penguatan Suku Bangsa Sasak, sekaligus sebagai momentum evaluasi kegiatan organisasi MAS sebelumnya dan juga merupakan momen untuk pengukuhan dan penetapan fungsi kelembagaan MAS untuk periode 2022-2027.

"Saat ini kita ingin membuat sesuatu yang berbeda dari  sebelumnya. Dengan ini bagaimana kami perbaiki diri sebagai suatu bangsa inklusifisme maju dan bermartabat,” ujarnya.


Kegiatan Pelantikan Pengurus tersebut untuk mendefinisikan kembali siapa sebenarnya Sasak itu, bagaimana dan ke mana bangsa Sasak ini akan dibawa.

“Kita coba meredefinisi kembali siapa Sasak itu, bagaimana dan ke mana Sasak itu serta  menjadi forum untuk mewakili Para Sesepuh di Gumi Sasak" terangnya.

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.