Konsolidasi Kamtibmas, Tiga Pilar Silahturahmi Dengan Stakeholder Wilayah Hukum Polsek Sandubaya


Lintas NTB
, Mataram - Guna menciptakan konsolidasi Kamtibmas dan menindak lanjuti keresahan masyarakat, sinergitas tiga pilar menggelar kegiatan silaturahmi dengan stakeholder dengan pemilik atau owner tempat hiburan wilayah hukum Polsek Sandubaya bertempat di Aula Mako Polsek Sandubaya. Sabtu, (21/01/2023)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolsek Sandubaya Kompol Moh Nasrullah S. Ik, Camat Cakranegara Irfan Syafindra S.STP, Sekcam Sandubaya Marwi S.Sos, Perwakilan Danramil Cakranegara Peltu Ahmad, Kanit Lantas AKP Gusti Ngurah Jelantik, Kanit Intelkam IPTU Priyanto, Kanit Samapta IPTU Gusti Ngurah Wedanta, Kanit Binmas IPTU Rusdi Hamdi dan Perwakilan Pengelola serta Owner Cafe atau tempat hiburan sekecamatan Cakranegara dan Sandubaya.

Kapolsek Sandubaya Kompol Moh Nasrullah S. Ik menyampaikan terima kasih kepada pihak cafe maupun tempat hiburan lainnya yang menyempatkan diri untuk hadir dalam undangan ini, pada kesempatan kali ini untuk membahas tentang beberapa aduan dari masyarakat terutama masalah suara atau volume yang lumayan keras.

"Untuk diwilayah Cakranegara tempat hiburan seperti Lombok Plaza, Kingsman, Bidari dan Executive berada di dalam ruangan dan mempunyai peredam suara sehingga volume atau suara yang dihasilkan tidak menimbulkan kebisingan keluar, namun untuk beberapa tempat hiburan dan cafe yang berada di luar tidak dilengkapi peredam sehingga saat beberapa kali kami melakukan safari kamtibmas setiap hari jumat di tempat ibadah, masyarakat sering memberikan keluhan terkait suara yang terlalu besar," ucap Kompol Nasrullah 

Bahkan melebihi jam operasional yang ditetapkan membuat gangguan untuk masyarakat sekitar bahkan aduan yang masuk sering via online langsung ke Kapolsek Sandubaya, Kapolresta Mataram bahkan ada yang langsung ke Kapolda NTB dan pastinya itu akan diteruskan ke kami di Polsek Sandubaya, karena kebanyakan di  wilayah kami sehingga aduan yang dilaporkan menjadi tanggung jawab kami, tegas Kompol Nasrullah

Selain masalah suara yang membuat gaduh, sering juga ditemukan warga yang baru selesai dari tempat hiburan meminum minuman keras membuat kegaduhan kadang keributan terjadi di tempat hiburan tersebut antar pengunjung bahkan dengan pegawai ataupun security di tempat hiburan tersebut. 

"Jadi tolong kepada para owner atau pengelola tempat hiburan untuk menghimbau dan mengingatkan kepada para pegawai dan security-nya jika terjadi kegaduhan atau keributan silahkan dilerai tapi jangan sampai ikut memukul pengunjung, apabila terjadi keributan silahkan menghubungi kami agar kami dari Polsek Sandubaya segera mendatangi lokasi dan mengamankan lokasi," tutur Kompol Nasrullah.

Selanjutnya kami himbau untuk CCTV dipasang di setiap tempat hiburan untuk antisiapsi curanmor dan tindak kejahatan lainnya dan berikutnya tentang event yang mengundang artis lokal atau dari luar maupun publik figur lainnya agar dilaporkan kepada Lurah, Camat dan Polsek pada khususnya agar dapat kami monitor dan lakukan pengamanan.

Berikutnya agar setiap tempat hiburan dan cafe mematuhi UU tentang lingkungan hidup seperti pembuangan limbah tempat hiburan, UU tentang Pajak Reklame, Izin Minol dan Perda yang berlaku agar semua dapat berjalan aman dan lancar.

Lebih lanjut, Camat Cakranegaera Irfan Syafindra menyampaikan bahwa pemahaman Pemda dan Kepolisian adalah sama untuk menciptakan kondisi wilayah yang kondusif tanpa ada masalah. Kebanyakan tempat hiburan banyak yang menjual minuman beralkohol dan apabila para pengunjung mengkomsusi secara berlebihan dapat hilang kesadaran melakukan sesuatu diluar batasannya sehingga menimbulkan gesekan atau konflik yang dapat mengganggu kamtibmas.

"Sekcam Sandubaya Marwi juga menyampaikan hal yang sama aduan masyarakat ini menjadi atensi kita bersama jadi mohon bantuan dan kerjasamanya untuk para pengelola tempat hiburan volume suara dan jam operasi agar disepakati dengan lingkungan sekitarnya," sambut Marwi

Perwakilan Danramil Cakranegara Peltu Ahmad menjelaskan bahwa agar aturan yang ada dilaksanakan dan dipatuhi sehingga kita bisa bersama menjaga keamanan dan ketertiban dan saya ingatkan laporkan setiap kejadian yang memungkinkan dapat menyebabkan gangguan sehingga kami segera lakukan pengamanan.

Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawa serta sesi foto bersama sebagai bentuk silaturahmi dan kegiatan berakhir pada pukul 10.45 wita berjalan aman dan lancar. (LNG01)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.