Rapat Kerja Persiapan MTQ, Sekda Sebutkan Kinerja LPTQ Hari Ini Sudah Lebih Baik


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Awal tahun 2023 ini, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Sumbawa Barat melaksanakan rapat kerja bersama seluruh jajaran pengurus. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang sidang Setda, Rabu, (18/01/2023). Kegiatan tersebut dlakanakan dalam rangka persiapan Kabupaten Sumbawa Barat dalam melaksanakan kegiatan MTQ tingkat Kabupaten tahun 2023 dan sebagai tuan rumah MTQ tingkat Provinsi/tahun 2024. 

Dalam rapat kerja tersebut, para anggota membahas apa-apa saja persiapan yang harus dilakukan guna memantapkan kesiapan para peserta, dalam pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten tahun 2023, sukses menjadi tuan rumah dan juga sukses meraih prestasi pada MTQ tingkat Provinsi tahun 2024.

Dalam sambutan pembukanya, Asisten 1 Setda Drs Mulyadi, MM menyampaikan bahwa, bila berkaca pada tahun sebelumnya, kita harus bisa bekerja terarah dan terukur. Kita harus punya target dan program rutin yang kita lakukan harus ditingkatkan kualitasnya. Bila perlu pelaksanaan MTQ bisa dilakukan berjenjang dari Desa hingga Kabupaten. Pelaksanaan TC bila perlu ditingkatkan. 

Peningkatan kapasitas baik pengurus LPTQ, termasuk qori dan qoriah perlu dilakukan. Jika perlu, lakukan study banding untuk melihat contoh baik dari daerah lain terkait menajamen pembinaan para peserta MTQ yang nantinya akan dilombakan. "Jangan sampai kita mengulang kesalahan yang sama, begitu mau kegiatan, kita baru sibuk mencari peserta," ungkap Asisten 1 

Sementara itu Kepala Kemenag Kabupaten Sumbawa Barat, H Ahmad Taufiq lebih menekankan pada pemahaman para qori terhadap ayat yang dibaca. "Mereka harus memahami ayat yang mereka baca, sehingga dalam/melakukannya ada penghayatan. Jangan sampai ketika membaca ayat yang isinya berupa ancaman api neraka, qorinya melakukannya sambil tersenyum. 

Demikian pula terkait kader kita yang menjadi Dewan Hakam. Dewan hakim perlu ada kader, jangan yang itu-itu saja, sudah tua, sudah puluhan tahun jadi Dewan Hakim, tidak/mau berhenti, nanti kalau diberhentikan melapor ke pimpinan oleh karenanya Dewan Hakim yang ada sekarang perlu menciptakan kader di bawahnya. "Dalam menangani LPTQ ini kita harus bisa bekerja dengan enak tapi jangan seenaknya," jelas H. Taufiq

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat yang sekaligus sebagai Ketua LPTQ Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah, ST., M.Si dalam kesempatan menutup kegiatan, dirinya benyampaikan bahwa LPTQ yang ada sekarang sudah bisa lebih baik dalam menjalankan tugasnya. Meskipun dalam pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi tahun 2022 kita berada pada nomor buncit tetapi kita tidak perlu berkecil hati, karena prestasi yang kita raih betul-betul dilakoni anak-anak kita putra KSB. 

Beda dengan sebelumnya, walaupun kita bangga dengan perolehan juara, tetapi para peserta yang kita utus berasal dari luar KSB. Terkait dengan perlunya LPTQ melakukan study kaji ke daerah lain yang sudah maju dalam penyelenggaraan LPTQ, saya setuju dan itu sangat perlu dilakukan, agar kita bisa menerapkan praktek baik dari mereka di daerah kita," tutup Sekda. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.