Tahun Ini, 30 Unit RTLH Akan Dibangun


Lintas NTB, Sumbawa Barat - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sumbawa Barat akan membangun 30 rumah tidak layak huni (RTLH) di tahun 2023.

"Kami akan membangun sebanyak 30 RTLH di KSB, rumah yang dibangun tersebut adalah rumah peningkatan kualitas atau rehab rumah," jelas Kepala Dinas Perkim melalui Kepala Bidang Perumahan Sri Sulastiati, ST., M. Si kepada awak media, Rabu, (11/1/2023).

Ia juga menjelaskan, satu unit rumah tidak layak huni akan mendapatkan anggaran 17.500.000. Sasaran bantuan rumah tidak layak huni diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). "Bila ditotalkan anggaran untuk RTLH senilai 525.000.000 yang bersumber dari APBD tahun 2023. Saat ini kami tidak mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) dari Kementerian PUPR, sehingga RTLH tahun ini murni dari daerah," ungkap Lasti sapaan akrabnya.

Menurutnya, bila dilihat dari permintaan yang masuk ke Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman (Perkim) sangat banyak. "Data yang harus menerima RTLH sekitar 2000 rumah, karena keterbatasan anggaran, maka tahun ini hanya bisa 30 rumah yang dikerjakan, bagi yang belum mendapatkan bantuan maka akan diberikan di tahun depan atau APBD-P," imbuhnya.

Dia menambahkan, untuk tahun ini RTLH akan dibangun menyebar di 8 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat. "Mulai pengerjaan RTLH tersebut dimulai bulan Februari mendatang," tutupnya. (LNG05)


0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.