Akibat Banjir, 858,87 Hektar Sawah Petani Terendam


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Banjir bandang yang melanda dua Kecamatan di Kabupaten Sumbawa Barat pada tanggal 13 sampai 14 Februari 2023. Tidak hanya merendam pemukiman warga, lahan pertanian seluas 858,87 hektar sawah juga ikut terendam sampai ke Kecamatan Seteluk.

Meskipun banjir tersebut menerjang Kecamatan Brang Rea dan Taliwang, namun debit air yang besar berdampak terhadap sektor pertanian yang cukup luas, bahkan hingga Kecamatan Seteluk. "Sawah yang terendam banjir untuk Kecamatan Brang Rea seluas 410 hektar, 67 hektar di Kecamatan Brang Ene, 135 hektar di Kecamatan Taliwang dan sebagian wilayah pertanian di Kecamatan Seteluk seluas 246,87 hektar bagi lahan yang berdekatan dengan danau Lebo," kata Kepala Dinas Pertanian, Ir. Muhammad Saleh., M.Si kepada awak media, Rabu, (15/2/2023) di ruang kerjanya.

Terkait kerusakan padi, pihaknya tengah menginventarisir data bersama petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan (PPOPT) dan koordinator BPP/PPL. "Meskipun terendam banjir, akan tetapi belum tentu seluruhnya rusak,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, bila nanti ada tanaman padi yang rusak, lanjut M. Saleh, maka bisa diklaim asuransi melalui PT. Jasindo untuk petani yang mengikuti program asuransi. “Saat ini ada 5.000 hektar sawah yang ikut program asuransi,” terang Kadis Alumnus Fakultas Pertanian Unram 1989 tersebut.

Mengenai klaim asuransinya, ada beberapa persyaratan, dilihat pada tingkat kerusakannya sebanyak 70 persen dari luas yang diasuransikan. “Tanaman padi yang berpotensi rusak yaitu tergerus, diterjang langsung oleh air dan patah," pungkasnya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.