Belum Mencapai Target Di Porprov XI NTB, KONI KSB Sampaikan Ini


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumbawa Barat dalam memperhatikan hasil Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI NTB 2023 yang diraih oleh kontingen, KONI Sumbawa Barat menyampaikan beberapa hal dalam rilis resminya, Senin, (27/02/2023).

Ketua KONI Kabupaten Sumbawa Barat Andi Laweng, SH., MH menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada Bupati Sumbawa Barat dan seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat, karena kontingen KONI KSB belum mampu mencapai target 4 besar, dengan hanya finish di urutan ke 8 dari 10 Kabupaten/Kota se NTB.

Penetapan target 4 besar, lanjut Andi Laweng bukanlah keinginan sepihak dari KONI Sumbawa Barat, tetapi merupakan hasil diskusi dengan semua cabang olahraga yang ditindaklanjuti oleh cabang olahraga dengan membuat surat pernyataan target medali, serta memperhatikan proyeksi peringkat dari raihan medali pada Porprov sebelumnya.

Ia menjelaskan, setelah melakukan evaluasi, maka terdapat beberapa kondisi baik secara teknis maupun non teknis yang menyebabkan target tersebut tidak tercapai.

Target yang belum tercapai diantaranya, belum adanya fasilitas olahraga yang memadai yang dapat digunakan oleh cabang-cabang olahraga, sehingga beberapa cabang olahraga yang berlaga di Porprov XI tidak bisa mendapat prestasi sesuai yang ditargetkan. Pemusatan Latihan yang telah direncanakan selama 4 bulan pada tahun 2022, terhenti karena adanya keputusan KONI NTB yang memundurkan pelaksanaan Porprov XI ke tahun 2023, sehingga rencana program latihan yang telah dirancang oleh semua cabang olahraga tidak terlaksana. 

Pemusatan latihan kembali dilaksanakan pada bulan Januari 2023, setelah adanya surat dari KONI NTB terkait kepastian pelaksanaan Porprov pada bulan Februari 2023, sehingga praktis Pemusatan Latihan Daerah KSB hanya terlaksana efektif tidak lebih dari 2 bulan. Kepengurusan KONI KSB dibawah Ketua Umum Andi Laweng, SH., MH, menjabat kurang dari 2 bulan sebelum pelaksanaan Porprov XI NTB, sehingga perencanaan program kerja untuk Porprov XI 2023 belum bisa optimal.

Dari 35 cabang olahraga yang dipertandingkan, KSB hanya mengikuti 29 cabang olahraga saja, karena belum adanya kepengurusan pada beberapa cabang olahraga tersebut, sehingga KSB tidak dapat bersaing untuk merebut medali pada cabang olahraga tersebut. Atas beberapa masalah tersebut, Bupati Sumbawa Barat telah memberikan arahan kepada Ketua Umum KONI Kabupaten Sumbawa Barat untuk segera mencari pola pembinaan jangka Panjang terstruktur (pemusatan Latihan jangka Panjang), terutama terhadap cabang cabang olahraga yang memperebutkan banyak medali pada ajang Porprov.

Dia menambahkan, evaluasi juga kami lakukan terhadap prestasi pada Porprov XI 2023 Kabupaten Sumbawa Barat menunjukkan progress yang cukup bagus dengan naiknya 1 peringkat dari Porprov sebelumnya. Data statistik perbandingan Porprov X 2018 dengan Porprov XI NTB 2023 juga menunjukkan hasil yang cukup positif yaitu, raihan medali emas, perak dan perunggu. Pada Porprov 2018 emas 12, perak 21 dan perunggu 51, sementara itu di Porprov 2023 emas 24, perak 35 dan perunggu 71. Sehingga ada penambahan emas 12, perak 14 dan perunggu 20. Bila di persentase penambahan naik 100 % emas, perak 66,67 % dan perunggu 39,22 %.

Ia mengucapkan, terima kasih kepada Bupati Sumbawa Barat, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat atas dukungan yang maksimal kepada KONI Sumbawa Barat, sehingga bisa berpartisipasi di Porprov XI 2023. "Ucapan terimakasih kami sampaikan juga kepada Manajemen PT. AMNT yang turut membantu, sehingga KONI KSB bisa berpartisipasi dalam Porprov XI 2023," jelasnya.

Terimakasih dan kebanggaan tak terhingga kepada semua atlet, pelatih dan official tim, yang telah berjuang dengan hebat, berikhtiar dengan tulus demi prestasi olahraga terbaik bagi Sumbawa Barat. Tidak lupa kami sampaikan terima kasih kepada masyarakat Sumbawa Barat atas dukungannya selama ini, atas semua saran dan kritikan yang tentunya semua itu adalah wujud kecintaan kita semua kepada Sumbawa Barat. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.