Saluran Irigasi Dari Bendungan Tiu Suntuk Sampai Jereweh Menunggu DED


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Sumbawa Barat saat ini sedang menunggu Rancang Bangun Rinci Detail Engineering Design (DED) untuk pembangunan saluran irigasi dari bendungan Tiu Suntuk sampai ke Kecamatan Taliwang dan Jereweh.

DED adalah dokumen desain teknis bangunan yang terdiri dari gambar teknis, spesifikasi teknis dan spesifikasi umum, volume serta biaya pekerjaan yang sedang dibuatkan oleh konsultan perencana.

"Kami melihat kondisi debit dan volume air di bendungan Tiu Suntuk berlebih, debit air Bendungan Tiu Suntuk saat ini hanya bisa dimanfaatkan untuk 1.900an hektar lahan. Padahal, Tiu Suntuk memiliki volume air di atas 57 juta kubi. Jadi dengan volume tersebut, kita bisa mengairi persawahan sampai dengan 4.000 hektar," jelas Kepala Dinas DPUPR KSB Syahril, ST., M. Si kepada awak media, Selasa, (07/2/2023) diruang kerjanya.

Ia juga menjelaskan, air sebanyak 57 juta meter kubik saat ini hanya 1900 hektar yang dapat diairi. Pihaknya ingin mengembangkan potensi tersebut seluas 4000 hektar, dengan dioptimalkan dari Bendungan Tiu Suntuk ke Kecamatan Jereweh sepanjang 57 kilometer. "Kami sedang menunggu proses DED dari Kementerian PUPR, barulah bisa diketahui jumlah anggaran, fisik dan lainnya," ungkapnya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.