Beri Kemudahan Pasien Rujukan, Bupati KSB Resmikan Rumah Singgah Baznas Di Kota Mataram


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, meresmikan Rumah Singgah Baznas yang berlokasi di Jln. Prabu pangkasari gang rawa indah Kelurahan Dasan Cermen Kecamatan Sandubaya Kota Mataram, Sabtu, 4 Maret 2023. 

Hadiri dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan KSB, Kepala Dinas Sosial KSB, Asisten I Bupati, Wakil Ketua 3 Baznas Provinsi NTB. Drs. H. Maad Umar, Wakil ketua 2 Baznas Provinsi Abdul Hakim, S. Pt. MM, Ketua Baznas Kota Mataram, H. Muhammad, Ketua Baznas Dompu, Drs. Dahlan Haq, Ketua Baznas Sumbawa Besar H. Ali tunru, dan dihadiri juga oleh para Wakil Ketua Baznas Kabupaten Sumbawa Barat beserta jajaran. 

Selain peresmian Rumah Singgah, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Penandatanganan beberapa MoU, anatara Ketua BAZNAS KSB dengan Kepala Dinas Sosial KSB tentang Pelayanan Kebutuhan Dasar Fakir Miskin, Penandatanganan MoU anatara Ketua BAZNAS KSB dengan Kepala Dinas Kesehatan KSB tentang Pembiayaan Pendamping Pasien Berobat lanjut dan pendamping pasien Rawat Inap di RSUD As-Syifa, RSUP NTB dan rawat Inap Puskesmas se KSB, Penandatangan MoU antara Ketua BAZNAS KSB  dengan Direktur Manajemen TAZKIYAH BOGOR tentang Pembinaan Manajemen dan Staf BANK ZAKAT MIKRO (BZM) BAZNAS KSB. 

Dalam kesempatan memberikan sambutan, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM menyampaikan bahwa, dari sejak adanya lembaga Baznas, baik yang ada di KSB maupun didaerah lain, kita sangat merasakan terbangunnya rasa saling peduli. Disamping itu, masyarakat juga dapat melihat secara langsung sampai sejauh mana zakat, infaq, shadaqah yang dikumpulkan betul betul digunakan sesuai dengan sasaran. Maka sulit jiga disalahgunakan, karena begitu ditemukan adanya cacat, maka susah sekali untuk mengembalikan nama baik.

“Kita bersyukur dari tahun ke tahun kepedulian Baznas KSB semakin meningkat, apalagi didukung oleh integritas para Komisioner. Kita selalu berupaya untuk bagaimana caranya meningkatkan Infaq dan Sadekah. Di KSB kemarin sempat kita bahas, bahwa kita di KSB mengenakan kewajiban pungutan zakat ini bukan saja kepada ASN KSB, tetapi pegawai swasta juga kita kenakan. Cuma rata - rata Perbankan, BUMN kadang-kadang zakatnya diambil pusat. Semestinya zakat tersebut dapat diserahkan ke lembaga dimana di tinggal sekarang. Dan yang paling besar yang rencanaya menjadi harapan yaitu PT.AMNT, ini yang belum sempat kita sosialisasi," tuturnya.

Diberikan kesempatan, pengurus Baznas ini mensosialisasikan. Kalau itu kita sampaikan dengan baik, InsyAllah pasti disetujui, karena salah satu cara menjaga kesucian harta kita harus dengan zakat infaq, karena Allah menjajinkan kepada umatnya bahwa perniagaan yang tiada merugi itu yaitu melaksanakan shalat, membaca Al-Quran dan menginfakkan sebagain harta," ungkap Bupati.

Hadirnya rumah singgah menurut Bupati, adalah betul - betul bentuk kepedulian. Tetapi yang menjadi masalah sekarang yaitu pendamping pasiaen yang dirujuk tersebut. Pemda telah menyediakan anggaran 1 juta, dan alhamdulillah itu selalu kita dapatkan tambahan dari Baznas. Dengan keberadaan rumah singah ini, kita atur baik - baik bagaimana keberadaan pendamping pasien. Jika perlu ditugaskan Pol PP untuk memberi, dan harus dibuat batas - batasnya dalam pemanfaatan fasilitas tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan kepada para Ketua Baznas Provinsi, Kabupaten/Kota menyampaikan bahwa di KSB sekarang ini kita sedang menangani kemiskinan ekstrim. Kami mendekalarasikan warga miskin dari tingkat dusun hingga desa yang menyatakan dirinya betul miskin. Dengan cara seperti itu, alhamdulillah ditahun 2016 di KSB terdapat sebanyak 1.583 warga miskin dengan persentase 3,32 %. 

Kepada masyarakat miskin tersebut kami memberi peluang kepada masyarakat untuk memberikan infaqnya. Jika dulu banyak orang yang mengklaim dirinya miskin dan ingin mendapatkan bantuan, bahkan ada yang protes kenapa salah satu warga tersebut kena bantuan padahal tidak miskin. "Alhamdulillah sekarang ini tidak ada kejadian seperti itu, karena yang mendapatkan bantuan itu adalah masyarakat yang betul-betul miskin," terang Bupati

Diakhir sambutannya, Bupati mengucapkan selamat atas direasmikannya Rumah Singgah Baznas, dan semoga kedepannya dapat memberikan manfaat. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.