Dinas Perkim KSB Lakukan Pengentasan Wilayah Kumuh di Kelurahan Arab Kenangan


Lintas NTB, Sumbawa Barat
— Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Sumbawa Barat telah melakukan pengentasan wilayah kumuh di Kelurahan Arab Kenangan, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

"Pengentasan wilayah kumuh, sampai saat ini progresnya cukup signifikan tinggal mencapai 1,97 hektar dari luas total 18 hektar. Kita terus berpacu tahap demi tahap melakukan pengentasan wilayah kumuh,” ungkap Kepala Dinas Perkim, Ir. H. Alimin melalui Kepala Bidang Pemukiman, Marwoto, ST kepada media ini Senin, (13/3/2023).

Ia menjelaskan, pihaknya melakukan pengentasan agar kelurahan tersebut keluar dari status kumuh, maka dari itu pemerintah perlu membangun beberapa sarana seperti drainase pemukiman, penanganan sampah serta kesanitasian hingga perumahan. Itu semua membutuhkan anggaran besar. “Menyelesai masalah kumuh di lingkungan perkotaan dan desa, bukan masalah sepele. Penangananya sangat komplek dan cukup njelimet. Itu baru satu kelurahan saja, belum masuk kelurahan dan desa lainya yang berstatus kumuh,” jelasnya.

"Kita ambil salah satu contoh, lanjut Marwoto, di Kelurahan Kuang, Kecamatan Taliwang tersisa 6 hektar lagi yang wilayahnya tergolong kumuh. “Walaupun tergolong rumit, pemerintah komit melakukan pengentasan kekumuhan, karena itu merupakan bagian dari pelayanan publik,” bebernya.

Dia menambahkan, berdasarkan Surat Keputusan (SK), terdapat kelurahan/desa yang masih zona kumuh. Diantaranya, Kelurahan Telaga Bertong, Sampir, Dalam, Bugis, Menala, Kuang dan Arab Kenangan. Sedangkan desa, ada di Desa Labuan Lalar, Kertasari, Maluk, Poto Tano, Seteluk Atas hingga Desa Seteluk Tengah. “Wilayah-wilayah kumuh tersebut memiliki tingkat kebutuhan dan sentuhan yang berbeda. Inilah yang perlahan kita benahi dari segala aspek,” tutupnya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.