Kodim 1628/SB Gelar Komsos Dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, Kodim 1628/Sumbawa Barat menyelenggarakan kegiatan komunikasi sosial dengan aparat pemerintah dengan tema“Transformasi Digital Ciptakan Aparat Pemerintah Unggul”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Makodim Jln. Labuan Balad Kelurahan Bugis Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa pada Senin, (20/03/2023).

Hadir dalam kegiatan, Kasdim 1628/Sumbawa Barat Mayor Inf. Muhammad Jakaria, Pasiter Kodim 1628/Sumbawa Barat Kapten CBA Agus SH., Drs. Amiruddin DH. M.si., Kepada Bidang Kewaspadaan Dan Ketahanan Nasional Kesbangpol Kabupaten Sumbawa Barat, seluruh Lurah dan Kepala Desa Kabupaten Sumbawa Barat, Bhabinsa Jajaran Kodim 1628/Sumbawa Barat.

Dalam kata sambutanya Kasdim 1628/Sumbawa Barat Mayor Inf Muhammad Jakaria menyampaikan, sistem pemerintahan di Indonesia turut berubah dengan adanya transformasi digital. "Untuk beradaptasi dengan kondisi tersebut, diperlukan pimpinan unit kerja atau instansi pemerintah yang menciptakan perubahan sekaligus pemanfaatan teknologi," kata Kasdim.

Transformasi digital memanfaatkan teknologi dalam proses tata laksana dan pemberian pelayanan publik. Pada konteks tata laksana, digital governance menjelma dalam produk e-office, e-monev, e-kepegawaian, e-disposisi, e-perencanaan, e-penganggaran, dan lain sebagainya.

Lanjut kasdim, sementara dalam pelayanan publik, e-governance ditunjukkan dengan berbagai produk layanan yang memungkinkan masyarakat tidak perlu bertatap muka dengan pemberi layanan. Permintaan atau pengajuan pelayanan bisa diakses melalui smartphone, bahkan pembayaran dilakukan dengan cara nontunai.

Transformasi digital mengubah berbagai sendi kehidupan masyarakat menjadi lebih cepat, instan, dan sederhana. Perlahan, masyarakat meninggalkan cara-cara manual. Oleh karenanya, menurut kasdim pemerintah Desa harus merespon perubahan tersebut, dan memaafkan teknologi tersebut untuk berkomunikasi dengan para Bhabinsa yang bertugas di lapangan. Karna Babinsa ujung tombak dari TNI AD," tutup kasdim. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.