Para Pencari Kerja Mengantri Urus Kartu Kuning Di Disnakertrans KSB


Lintas NTB, Sumbawa Barat
- Permintaan kartu pencari kerja atau kartu kuning semakin meningkat dan ramai. Terhitung sejak hari Senin, 27 Maret 2023 warga Sumbawa Barat nampak mengantri di sekretariat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Kartu kuning merupakan salah satu syarat mutlak yang wajib dilengkapi para pencari kerja untuk dilampirkan ke dalam berkas lamaran yang akan disampaikannya ke perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan (Loker).

Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi (Disnakertrans) KSB, Ir H Muslimin HMY, M. Si kepada awak media, Kamis, (30/3/2023) mengakui, kunjungan para pencari kerja mulai nampak dalam beberapa hari ini. "Mereka yang datang mengurus kartu kuning tersebut dari kalangan siswa (SMK/SMA) yang baru lulus dan mahasiswa yang baru selesai kuliah," ungkapnya.

Jadi kedatangan para pencari kerja ke Dinas Nakertrans KSB, untuk meng-approach dan memprint kartu kuning yang sebelumnya segala bentuk kelengkapan telah didaftarkan secara online oleh masing-masing peserta.

"Alhamdulillah, prosesnya berlangsung tertib dan lancar. Setiap peserta yang datang mengurus kartu kuning terlayani dengan baik, dengan data sementara sekitar 110 orang yang telah terlayani pengurusan kartu kuning," jelas H Muslimin.

Lebih lanjut H Muslimin, saat dijumpai di ruang kerjanya menambahkan, pengurusan kartu kuning oleh bakal calon pencari kerja berkenaan saat ini beberapa perusahaan tambang yang merupakan mitra PT AMMAN kembali membuka rekrutmen tenaga kerja gelombang kedua. 

Yang mana untuk gelombang kedua diambil dari sisa tes wawancara gelombang pertama sebelumnya berjumlah 779 orang sudah di akomodir 245 orang, jadi masih ada 534 orang yang akan ditransfer nama namanya untuk masuk dalam bursa kerja untuk mengisi job job yang tersedia (Helper, k3 listrik, dan lain lain). "Demikian pula untuk yang baru (Pencaker) akan masuk di gelombang ketiga," terang H Muslimin. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.