Tahun Ini, DPUPR KSB Akan Bangun Embung Lamunga


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Dalam rangka mendukung sektor pertanian di desa Lamunga dan sekitarnya. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Sumbawa Barat pada tahun ini akan melakukan peningkatan pembangunan embung Lamunga yang akan menelan anggaran sebanyak 2 milyar.

Kepala Dinas PUPR KSB Syahril, ST., M. Si mengatakan bahwa, tujuan pembangunan embung Lamunga, untuk meningkatkan kemanfaatan sumber daya air, pengawetan air, pengendalian daya rusak air, dan fungsi pengamanan tampungan air atau tampungan lumpur di saat musim hujan.

Ia juga menjelaskan, fungsi dibangunnya embung Lamunga sebagai bentuk produktivitas pertanian terutama padi dan tanaman holtikultura yang akan berdampak pada ketahanan pangan di Sumbawa Barat.

“Tujuan utama dari dibangunnya embung di desa lamunga yaitu untuk memfaatkan lahan pertanian, selain fungsi untuk tempat wisata, pembangkit listrik dan penyediaan air baku,” kata Syahril.

Menurutnya, embung merupakan bentuk konstruksi yang dibangun untuk menahan aliran air pada sungai dan membentuk sebuah tampungan air yang disebut waduk. "Pembangunan embung bertujuan untuk memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat terutama bagi petani untuk meningkatkan taraf hidup," tutupnya. (LNG05)


0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.