Beras Cadangan Pemerintah Mulai Disalurkan Ke 13.673 KPM di KSB


Lintas NTB, Sumbawa Barat
- Pada momentum bulan suci Ramadhan 1444 H, para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Sumbawa Barat mulai menerima beras cadangan pemerintah (BCP). Ada sekitar 13.763 kepala keluarga akan mulai disalurkan dari bulan Maret hingga Mei 2023 mendatang atau tiga bulan.

‘’Satu KK akan menerima 10 kilogram beras. Saat pembagian Kecamatan Taliwang menjadi kecamatan pertama yang akan menerima bantuan ini,’’ kata Sekretaris Daerah Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah kepada awak media, Senin, 17 April 2023.

Ia juga mengatakan, penyaluran BCP oleh pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat diakuinya dipercepat sesuai instruksi pemerintah pusat. Bahkan penyaluran ini dilakukan secara serentak diseluruh wilayah Indonesia. ‘’Bulog sebagai penanggungjawab sudah mulai mengirim beras cadangan pemerintah ke KSB. Nanti proses pembagiannya dilakukan di masing-masing kelurahan dan desa," ungkapnya.

Menurutnya, penerima bantuan tersebut adalah masyarakat yang masuk dalam kategori miskin dan penerima PKH yang sudah terdata melalui Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat. ‘’Saat ini langsung dikirim ke masing-masing kelurahan dan desa. KPM bisa mendatangi kantor kelurahan dan desa setempat,’’ ujarnya.

Ia berharap, proses penyaluran beras cadangan pemerintah ini sesuai aturan dan berjalan dengan baik. Begitu juga penerima BCP harus benar-benar orang yang tercatat di Dinas Sosial KSB. ‘’Saya ingatkan agar penyaluran beras harus tepat sasaran. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan, karena hal ini memang program pemerintah pusat untuk membantu masyarakat tidak mampu yang ada di KSB,’’ tuturnya.

Sementara itu, data dari Dinas Sosial KSB, total penerima BCP ada sekitar 13.673 KPM. Bila dirincikan, Kecamatan Taliwang menjadi wilayah yang paling banyak dengan total penerima 5.087 KPM, Kecamatan Seteluk dengan jumlah penerima 1.972 KPM. Kecamatan Brang Rea total 1.813 KPM, setelah itu Kecamatan Poto Tano 1.780 KPM, Kecamatan Jereweh 859 KPM, Kecamatan Sekongkang 705 KPM dan terkahir Kecamatan Maluk 672 KPM. ‘’Sehingga totalnya sekitar 136 ton yang dibagikan untuk tiga bulan bagi KPM Sumbawa Barat," pungkasnya. (LNG05)


0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.