Dibanding Tahun 2021, Kunjungan Perpustakaan KSB Meningkat Di Tahun 2022


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Kepala Dinas Arsip & Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Sumbawa Barat, Ir Abdul Muis, MM menyebutkan, angka kunjungan Perpustakaan tahun 2022 lalu terbilang mengalami peningkatan sekitar 5.200, jika dibandingkan dengan tahun 2021 angka kunjungan mencapai 4.700 pengunjung.

Melihat angka perbandingan dari tahun ke tahun, lanjut Ir Abdul Muis MM memastikan mulai meningkatnya kesadaran masyarakat Sumbawa Barat yang gemar membaca buku.

"Alhamdulillah, tentunya ini menjadi awal yang baik bagi pemerintah untuk meningkat SDM warga setempat dengan meningkatnya minat baca," jelasnya, Senin, 10 April 2023.

Pengunjung Perpustakaan KSB terdiri dari unsur pelajar, mahasiswa, petani dan swasta. Selain itu pengunjung perpustakaan juga di dukung oleh keberadaan Perpustakaan Keliling yang berkunjung ke sekolah sekolah hingga menyusuri titik keramaian seperti Car free day dan lainnya.

Berbagai upaya terus di lakukan Dinas Arpus KSB untuk meningkatkan minat baca masyarakat setempat, termasuk adanya transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk memudahkan masyarakat memperoleh akses bacaan.

Bicara fasilitas, kata Ir Muis menambahkan, untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, sejauh ini Perpustakaan Sumbawa Barat telah menyiapkan ruang yang nyaman di lengkapi AC dan koleksi buku yang bervariatif. Bahkan ruang tempat belajar bagi mahasiswa maupun pelajar di desain sebaik mungkin, dengan tujuan agar pengunjung betah dengan suasana perpustakaan.

Menurutnya, apa yang diterapkan semata mata bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat KSB untuk menciptakan generasi cerdas, berwawasan dan bermartabat. "Dengan membaca buku ada banyak pengetahuan yang kita peroleh," ungkap Ir Muis, saat dijumpai di ruang kerjanya.

Demikian pula merangsang minat baca bagi pengunjung kategori usia dini, sehingga terbentuk program Kelas Kecil. Untuk program Kelas Kecil Perpustakaan KSB, Dinas Arpus KSB selalu menghadirkan pembicara dari sejumlah lembaga berdasarkan tema yang disajikan.

"Anak anak TK/Paud cukup antusias mengikuti program kelas kecil Perpustakaan KSB. Tujuan akhir kita adalah meningkatkan minat baca masyarakat KSB," tutup Muis. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.