Kodim 1628/Sumbawa Barat Berangkat 21 Calon Koncad


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Kodim 1628/Sumbawa Barat memberangkatkan 21 orang calon komponen cadangan (komcad) tahun 2023 ke Rindam IX/Udayana, untuk mengikuti tes lanjutan di Aula Makodim Jln Labuan Balad Kelurahan Bugis Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa pada hari, Selasa, (25/04/2023)

Komandan kodim 1628/Sumbawa Barat Letkol Inf Oktavian Englana Partadimaja menyampaikan, anggota Koncad yang diberangkatkan sebelumnya telah mengikuti seleksi administrasi di Makodim 1628/Sumbawa Barat.

“Dari 43 peserta yang mendaftar di Makodim, sebanyak 21 orang dinyatakan lulus administrasi dan mereka nantinya mengikuti seleksi lanjutan, yang digelar di Rindam IX/Udayana,” ujarnya.

Dalam seleksi ini, calon peserta terpilih akan memasuki tahap uji kompetensi, yang di dalamnya terdapat beberapa materi, di antaranya tes jasmani, kesehatan, akademik, dan psikologis. "Apabila mereka dinyatakan lulus, maka akan melaksanakan latihan dasar militer selama tiga bulan,” ucapnya.

Untuk para calon peserta, lanjut dia, diharapkan dapat menjaga kesehatan dan mengikuti seleksi dengan baik, agar hasilnya berkualitas. Perekrutan komcad ini dilakukan berdasarkan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (UU PSDN).

“Sebagai salah satu usaha pertahanan negara memperkuat komponen utama, bila nanti ada hal bersifat darurat akan dikerahkan membantu memperkuat atau mempertebal komponen utama,” katanya.

Dalam penerimaan ini, pihaknya tidak membatasi calon komcad, namun hanya ada persyaratan khusus, salah satunya minimal berusia 18 dan maksimal 35 tahun," tutup Dandim. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.