Antisipasi Kekeringan, Dinas Pertanian Siapkan Beberapa Langkah Strategis


Lintas NTB, Sumbawa Barat
- Dalam mengantisipasi kekeringan di lahan petani dalam beberapa bulan kedepan, Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah menyiapkan beberapa langkah agar para petani bisa terus menanam.

Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) merupakan sebuah asuransi yang memberikan perlindungan kepada petani, jika terjadi gagal panen sebagai akibat resiko banjir, kekeringan, dan serangan oraganisme pengganggu tumbuhan. "AUTP mengalihkan kerugian akibat resiko banjir, kekeringan dan serangan OPT melalui pihak lain yakni pertanggungan asuransi," kata Kepala Dinas Pertanian KSB Ir. Muhammad Saleh, M. Si kepada media ini, Kamis, (25/5/2023).

Dirinya mengaku bahwa, dalam membantu petani mengahadapi kekeringan, maka akan diberikan bantuan sumur bor sesuai permintaan masyarakat di beberapa tempat. "Tugas kita membantu agar petani bisa terus berproduksi untuk memenuhi kebutuhan," tukasnya.

Ia juga mengusulkan agar dimasing-masing BPP disiapkan mesin pompa air, supaya bisa dipergunakan oleh petani untuk mengambil sumber air dalam memenuhi kebutuhan tanamannya. "Intinya, kawasan yang dianggap kering sudah di antisipasi lewat AUTP Pertanian, sumur bor dalam dan dangkal," pungkasnya. (LNG05)


0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.