Ikut Turunkan Stunting, Dinas Pertanian KSB Buatkan 4 Inovasi Baru


Lintas NTB, Sumbawa Barat
- Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memiliki 4 inovasi baru yang sudah dirancang dalam mendukung program penurunan stunting.

"Saat ini kami memiliki inovasi baru bernama Sanak Sia (satu ternak selamatkan ibu dan anak) program inovasi ini untuk penurunan stunting bagi anak balita, prioritas daging hewan dalam program ini yaitu ternak kerbau dan sapi," kata Kepala Dinas Pertanian KSB Ir. Muhammad Saleh, M. Si melalui Kepala Bidang Peternakan Amiruddin, S. Pt., M. Si kepada media ini, Selasa, (30/5/2023).

Selain itu, dia menjelaskan, program kedua yaitu Sanak Ate (satu ternak selamatkan ekonomi khususnya di Sumbawa Barat. Dengan sasaran keluarga miskin dan tidak mampu yang ada di KSB.

Ketiga program Sanak Dita (satu ternak menjadi sejuta), program ini merupakan program pengembangan ternak yang dibagikan kepada masyarakat agar mendukung program swasembada daging di KSB.

Keempat, dia melanjutkan, program berkah (bangun ekonomi raih keberhasilan) program ini bertujuan untuk mengelola bahan olahan hasil ternak dengan sasaran ke aparatur sipil negara (ASN). Intinya bahan yang diolah dari hasil ternak yang ada di KSB.

Program itu semua, disasarkan dalam upaya pemberdayaan dan pengembangan masyarakat. Program ini dalam tahap perencanaan dan mudah-mudahan bisa terealisasikan dengan segera, karena sasaran program ini sangat bagus.

Ia juga berharap, agar program bisa terlaksana di tahun depan dengan semua juklak dan juknis yang sudah kami siapkan. Karena saat ini Dinas Pertanian masuk dalam tim penurunan Stunting. (LNG05)


0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.