Ingin Karang Taruna Berperan Aktif, Dinsos KSB Lakukan Pembinaan Dan Pemberdayaan


Lintas NTB, Sumbawa Barat
- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumbawa Barat terus melakukan pembinaan dan pemberdayaan kepada karang taruna yang ada di Desa dan Kelurahan.

Karang Taruna merupakan sebuah organisasi Kepemudaan yang dibentuk berdasarkan peraturan Menteri Sosial (Permensos) nomor 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna.

"Karang Taruna dilahirkan oleh Kementerian Sosial untuk membantu masyarakat yang ada di lingkungannya," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) dr. Syaifuddin, MM kepada media ini, Senin, (8/5/2023).

Ia menjelaskan, tujuan dibentuk karang taruna yaitu untuk membantu masyarakat di bidang pengembangan kesejahteraan sosial dan bidang kepemudaan agar permasalahan dan hajat hidup masyarakat bisa teratasi dengan dibantu pemerintah desa/Kelurahan.

"Di tahun ini, sudah dua kali kami mengundang karang taruna untuk meningkatkan kapasitas," jelasnya.

Dia meminta agar karang taruna bisa melapor dan ikut berperan aktif dalam menyelesaikan persoalan masyarakat, terutama orang miskin, kelaparan, anak terlantar, rumah tidak layak huni (RTLH) dan persoalan sosial lainnya.

Ia juga berharap kepada karang taruna agar mengingatkan kembali bahwa ada tujuan lain dari sekedar menyelenggarakan kegiatan kepemudaan. Ada pengembangan yang lebih penting dari itu yakni meningkat kesejahteraan sosial masyarakat. Hal ini menjadi tugas karang taruna bukan saja pembangunan kepemudaan.

Ia mengungkapkan agar karang taruna menjadi garda terdepan dalam membantu persoalan masyarakat. "Baru-baru ini kami sudah memberikan program pendampingan disabilitas mental kepada mereka. Untuk diketahui, karang taruna yang ada di KSB sebanyak 47 desa/kelurahan yang aktif dari 65 desa dan kelurahan yang ada. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.