Mengukur Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim 1628/Sumbawa Barat Laksanakan Tes Garjas Periodik


Lintas NTB, Sumbawa Barat –
Dalam rangka mengukur kemampuan Fisik prajurit, Kodim 1628/Sumbawa Barat melaksanakan tes kesegaran jasmani (Garjas) periodik II Tahun 2023 yang dilaksanakan di lapangan Makodim Jln. Labuan Balad Kelurahan Bugis Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat Kamis, (04/05/2023)

Tes kesegaran jasmani merupakan program dari komando atas, yang bertujuan untuk mengukur sampai dimana kemampuan fisik para prajurit TNI AD khususnya Kodim 1628/Sumbawa Barat, sehingga dalam pelaksanaan tugas pokok kedepan dapat berjalan lancar dan maksimal.

Pelaksanaan tes Garjas periodik II TA 2023 ini meliputi tes kesegaran “A” yaitu melaksanakan lari dengan waktu 12 menit dan tes kesegaran “B” meliputi gerakan Pull Up, Sit Up, Push Up dan Lunghes durasi waktu 1 menit serta Shuttle Run.Selain itu, juga dilaksanakan tes ketangkasan berupa renang gaya dada jarak 50 meter.

Sebelum melaksanakan tes Garjas, seluruh peserta melaksanakan pengecekan kesehatan oleh tim kesehatan, dengan melakukan pengukuran tensi dan denyut nadi, untuk memastikan bahwa para peserta siap melakukan tes Garjas.

Setelah semua tahapan selesai, para peserta melakukan pengisian blangko yang dilanjutkan melaksanakan peregangan, serta pemanasan agar tidak terjadi kram pada saat pelaksanaan tes Garjas.

Tim kesehatan juga menyiapkan dukungan kendaraan ambulance untuk antisipasi dan evakuasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, guna memberikan pertolongan pertama serta mempermudah jalannya evakuasi bila sewaktu-waktu diperlukan. Pada pelaksanaan Tes Garjas tersebut diawasi langsung oleh tim Jasmani Korem 162/WB, yang dipimpin oleh  Serka Nasrudin selaku ketua tim Jasmani Korem 162/WB.

Saat memberi pengarahan, Serka Nasrudin Bajasrem 162/WB mengatakan bahwa, pelaksanaan Garjas priodik lI merupakan program dari Komando atas, yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan fisik prajurit khususnya di Kodim 1628/Sumbawa Barat. “Perhatikan faktor keamanan, apabila ada masalah pada saat pelaksanaan, silahkan laporkan. Karena yang tahu kondisi kita adalah kita sendiri," ungkap Bajasrem 162/WB saat memberi arahan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kapten Chb Suwondo selaku Pasi Pers Kodim 1628/Sumbawa Barat, ia juga menekankan kepada para peserta untuk melaksanakan kegiatan tes Garjas secara maksimal, karena hal ini dapat menunjang bagi prajurit yang akan melaksanakan usul kenaikan pangkat.

“Laksanakan kegiatan ini dengan serius dan penuh semangat, dengan mengutamakan faktor keamanan. Ikuti semua yang di instruksikan tim penguji agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga maupun satuan," jelas Pasi Pers saat mendampingi pelaksanaan Tes Garjas.

“Mari kita berdoa semoga pelaksanaan Tes Garjas mulai dari awal hingga selesai, dapat berjalan aman, tertib dan lancar," tutur Pasi Pers Kodim 1628/Sumbawa Barat. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.