Tindak Lanjuti Perintah Presiden, Dandim 1628/SB Bersama Stekholder Lain Lakukan Penanaman Pohon Mangrove


Lintas NTB, Sumbawa Barat
- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memerintahkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk melakukan penanaman pohon mangrove di seluruh wilayah Indonesia.

Menindaklanjuti perintah Presiden dan Panglima TNI, Kodim 1628/Sumbawa Barat mengadakan penanaman pohon Mangrove di wilayah Kecamatan Poto Tano sebagai gerbang masuk pulau Sumbawa.

"Hari ini sebanyak 600 Mangrove ditanam secara serempak di Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)," kata Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol. Inf. Octavian Englana Partadimaja saat sambutannya, Senin, (15/5/2023).

Ia juga menyampaikan bahwa, kegiatan penanaman Mangrove serentak oleh Presiden Republik Indonesia dilaksanakan dari Sabang sampai Marauke. Khusus di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat ditanam secara serentak di Kecamatan Poto Tano. Dia mengatakan, bibit mangrove ditanam di belakang balai latihan kerja (BLK) Poto Tano.

Dia menekankan kepada Camat, Kepala desa, Danramil, KP3 Tano, Bhabinsa, stekholder di Kecamatan Poto Tano dan lapisan masyarakat agar menjaga pohon mangrove tersebut, karena pohon mangrove memiliki manfaat yang sangat dibutuhkan oleh biota laut, potensinya juga sangat dibutuhkan. "Nantinya 600 mangrove akan menjaga sektor laut di Kecamatan Poto Tano," tambahnya.

Secara Topografi, Sumbawa Barat sangat panjang garis pantainya, maka dibutuhkan tanaman mangrove yang banyak untuk menjaga lingkungan laut dan ekosistem laut. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu kegiatan penanaman Mangrove ini sehingga terselenggara dengan baik di KSB.

Bupati Sumbawa Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Feriyal, SKM mengatakan, kegiatan penanaman pohon mangrove sangat bagus untuk menjaga lingkungan laut. Penanaman mangrove sudah sering dilakukan di KSB, tinggal dipelihara dan dirawat.

Nantinya, kawasan hutan mangrove memiliki fungsi untuk menyerap semua kotoran yang berasal dari sampah manusia maupun kapal yang berlayar di laut. Manfaat hutan mangrove bagi kehidupan akan menyerap semua jenis logam berbahaya dan membuat kualitas air menjadi lebih bersih. "Mangrove akan menjaga ekosistem laut dan kegiatan laut, maka pohon mangrove harus kita jaga dengan kerjasama semua pihak," tukasnya.

Diakhiri sambutan dilakukan penanaman pohon mangrove serentak di Desa Poto Tano, Kecamatan Poto Tano, KSB dan mendengarkan video comprens dari Presiden RI dan Panglima TNI. Hadir dalam acara tersebut, Staf Ahli Bupati, Dandim 1628/SB, Kapolres Sumbawa Barat, Kajari KSB, Kepala BNN, ketua Persit, Ketua Bhayangkari, Camat, Kades dan stekholder lainnya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.