Distan KSB Akan Fasilitas Hak Paten Ispalog KTNA


Lintas NTB, Padang -
Kepala Dinas Pertanian KSB Ir. Muhammad Saleh, M. Si mengatakan bahwa, karya Ispalog KTNA KSB akan dibuatkan hak ciptanya. Itu diungkapkan saat ajang temu karya nasional kontak tani nelayan andalan (KTNA) Kabupaten Sumbawa Barat yang mewakili NTB meraih peringkat 1 Nasional di Penas KTNA di kota Padang. Hal itu dilakukan agar masyarakat atau pihak lain tidak bisa menyabotase hak cipta petani Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Ia juga menjelaskan, karya ini telah mampu memukau para dewan juri dan petani lainya di Indonesia dari pemaparannya, saat aplikasinya nanti tentu harus lebih dari apa yang kita sampaikan. "Ini adalah spirit dan motivasi bagi kita orang KSB, semoga kedepan karya atau teknologi ini dapat kita tingkatkan lagi untuk lebih baik dan berkembang," kata Muhammad Saleh kepada media ini, Jumat, (23/6/2023).

"Teknologi karya anak KSB ini akan di fasilitasi untuk dibuatkan hak ciptanya, sehingga tidak disabotase oleh pihak lain atau daerah lain, sebab karya ini murni ciptaan putra KSB. "Kami akan segera memfasilitasi dan mengawal terkait hak paten teknologi ini, karena dikhawatirkan alat ini telah di browsing dimana mana, namun yang menciptakan teknologi ini tidak ada,  sehingga alat ini muda di sabotase hak ciptanya oleh orang lain.

Menurutnya, untuk pengembangan teknologi andalan ini tentu harus di dukung oleh semua pihak di daerah ini, termasuk swasta, DPRD dan petani itu sendiri. "Insya Allah sepulang dari Penas ini kami dari dinas akan mengawal dan memfasilitasi petani dalam rangka pemanfaatan teknologi yang telah mengharumkan nama KSB dan Provinsi NTB," terang Saleh.

Ditambahkan, Kepala Bidang Penyuluh Hasan Basri, SP mengatakan, teknologi yang diciptakan adalah Isian Pemadatan Baglog (Ispalog) merupakan sebuah teknologi sederhana, mudah dibuat, harga murah, cukup efektif dalam membantu budidaya petani jamur. Ia juga menyampaikan, teknologi karya Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) rupanya mampu menghipnotis tim penilai serta menjadi motivasi petani Indonesia, dalam rangka mendukung produktifitas pertanian di masa mendatang.

Karya Petani Nelayan Andalan (KTNA) di PENAS tahun 2023 yang di nilai pada Selasa, (13/6/2023), tim NTB yang diwakili KSB berhasil meyakinkan dewan juri dalam pemaparan dan presentasi karyanya, sehingga menghantarkan tim NTB menduduki peringkat ke 1 Nasional menyisihkan 21 peserta lainnya Indonesia.

Sementara itu, waktu pembukaan dihadiri oleh Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM bersama istri dan didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian KSB Ir. Muhammad Saleh, M. Si beserta Sekdis Pertanian Jamilatun, SP, Asisten 3, Kepala Dinas Dikbud, Kepala Diskoperindag, Kepala Dinas Perikanan serta Inspektur Inspektorat selaku ketua 3. Dalam kegiatan mengikuti PEDA dan PENAS yang ketua umumnya Kepala Bappeda KSB.

"Pada acara pembukaan Penas KTNA Ke 16 di Padang Sumatera Barat yang kemungkinan acara penutupan dihadiri Wakil Bupati Fud Syaifuddin, ST serta Asisten II," tutup Hasan Basri. (LNG05)



0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.