Empat Calon Direktur Perumda Lolos Seleksi Administrasi


Lintas NTB, Sumbawa Barat
— Seleksi calon direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Bintang Bano, Pemda Sumbawa Barat, Provinsi NTB kini telah menyelesaikan tahapan seleksi administrasi. Empat orang calon pun dinyatakan memenuhi syarat. Pekan ini, keempatnya akan menjalani seleksi lanjutan.

‘’Keempatnya dinyatakan memenuhi syarat secara administrasi. Mereka berkesempatan mengikuti tahapan lebih lanjut,’’ jelas Sekretaris Pansel Calon Direktur Perumda, Suhadi, Jum’at (30/6/2023).

Pria yang juga menjabat asisten II Setda Sumbawa Barat ini menyebut, keempat calon ini nantinya akan mengikuti uji kompetensi. Rencananya, uji kompetensi untuk kelayakan dan kepatutan digelar di Mataram. "Rencananya berlangsung dari tanggal 3 Juli sampai 10 Juli mendatang,’’ paparnya.

Empat calon yang dinyatakan lulus administrasi ini datang dari latar belakang berbeda. Dua orang diketahui merupakan pegawai Perumda Bintang Bano aktif dan dua orang lainnya berasal dari luar perusahaan (professional,red). '’Empat orang ini sudah cukup bagi kita untuk melanjutkan ke tahapan lebih lanjut,’’ paparnya.

Untuk uji kompetensi yang digelar di Mataram nanti, pansel akan menunjuk tim professional. Ini dilakukan untuk memastikan, calon direktur nanti adalah orang yang benar-benar kompeten untuk mengisi posisi tersebut.

Terhadap permintaan DPRD agar proses ini melibatkan DPRD secara kelembagaan, ia mengaku, sesuai regulasi seleksi direktur ini sepenuhnya menjadi kewenangan tim pansel. Namun ia tidak menampik, jika ada masukan dan saran dari DPRD tentunya akan tetap dipertimbangkan. ‘’Ini prosesnya berjalan professional. Sama seperti seleksi pejabat tinggi pratama (JPT) dan itu dilakukan oleh lembaga yang berkompeten,’’ tandasnya.

Dirinya optimis, proses pengisian jabatan direktur Perumda Bintang Bano ini berjalan seperti yang direncanakan. Demikian juga proses ini akan tuntas seperti yang diharapkan pansel. ‘’Target kita Agustus mendatang sudah selesai, dan kami lihat dari proses yang ada semuanya berjalan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan,’’ tambahnya.

Seperti diketahui, pansel ini dibuka mengingat direktur sebelumnya memasuki purna tugas dan pengisian jabatan direktur ini harus dilakukan melalui pansel. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.