KSB Jadi Perwakilan NTB Dalam Temu Karya Tani Nelayan Inovator 2023


Lintas NTB, Padang -
Temu karya Tani Nelayan Inovator yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Penas 2023 di Kota Padang, merupakan moment ekspose inovasi teknologi petani dan nelayan. Dalam moment tersebut, Kabupaten Sumbawa Barat menjadi perwakilan NTB. 

Terpilihnya Kabupaten Sumbawa Barat sebagai perwakilan NTB, karena pada pelaksanaan Temu Karya tingkat NTB tahun 2023 yang berlangsung pada tanggal 5 - 7 Juni 2023 di Lombok, KSB berhasil mengalahkan 10 Kabupaten/Kota lainnya sehingga layak dijadikan perwakilan NTB pada Temu Karya PENAS 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Selasa, (20/06/2023) menampilkan teknologi tepat guna bidang pertanian yang diberi nama Ispalog yang merupakan singkatan dari Isian  Pemadatan Baglog. Tampil sebagai pembahas dalam kesempatan tersebut yaitu Hasanuddin, Sri Molah, Jihad abdullah, dan dua orang pendamping dari Provinsi yaitu M. Said dan M. Darwis, SP.

Dalam pemaparannya, Hasanuddin menjelaskan tentang Ispalog yang merupakan teknologi tepat guna bidang pertanian spesialis budidaya jamur tiram. Hasanuddin mencoba menerangkan tentang keunggulan Ispalog sebagai temuan baru yang dapat memberikan kemudahan, keamanan, dan memiliki nilai ekonomi dan produktif dalam usaha budidaya jamur. Untuk meyakinkan para dewan juri, tim KSB langsung mempraktekkan cara penggunaan Ispalog dihadapan audiens.

Dalam kesempatan tersebut terdapat 21 peserta se Indonesia yang bersaing untuk menjadi yang terbaik. Dalam penyampaian akhir dewan juri menyampaikan bahwa, intinya temu karya ini sebagai upaya untuk menemukan karya anak bangsa dalam bidang pertanian yang dapat di replikasi, duplikasi untuk kedepannya dapat meningkatkan produktifitas pertanian. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.