Komisi II Dukung Pemda KSB Dorong Pembangunan Pariwisata Daerah


Lintas NTB, Sumbawa Barat
- Sektor pariwisata adalah salah satu industri terbesar, sekaligus industri andalan yang dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian daerah. Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) melakukan pelatihan peran strategis Pokdarwis dalam pembangunan pariwisata daerah.

Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Aheruddin Sidik, SE., ME dalam penyampaian materinya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Pasalnya kegiatan yang berlangsung dengan melibatkan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) se-KSB diharapkan para kelompok ini mampu memberikan warna baru dalam pembangunan pariwisata daerah untuk berinovasi dan berkreasi guna memajukan pariwisata.

"Sektor pariwisata juga mempunyai multiplayer effect pada sektor lainnya, sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah," terang politisi 3 periode ini, Sabtu, (10/6/2023).

Dikatakan Aheruddin Sidik, kalau wilayah Kabupaten Sumbawa Barat ini,  terdiri dari delapan Kecamatan dengan berbagai potensi dan destinasi wisata yang ada, tentu juga kedepan tidak hanya mengandalkan kekayaan mineral, pertanian dan sektor lainnya, namun juga memiliki keindahan pesona alam yang menakjubkan bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

"Salah satu destinasinya yaitu, Mantar yang kini mendunia yang terkenal dengan negeri diatas awan itu, tentu harus didukung dengan sarana dan fasilitas yang memadai, agar para wisatawan yang akan berkunjung ke tempat ini nyaman," ujar Aher.

Menurut Aher, untuk mengembangkan sektor kepariwisataan, pemerintah daerah tidak akan mampu berdiri sendiri tanpa melibatkan peran swasta dan masyarakat, karena pembangunan pariwisata yang ideal itu harus melibatkan tiga elemen tersebut.

Di akhir materi yang di sampaikan, aher sapaan akrab kandidat doktor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini juga menegaskan agar teman-teman Pokdarwis juga harus mencoba memperluas jaringan dengan membangun kerjasama dengan pihak lain serta memanfaatkan tekhnologi dalam mempromosi destinasi wisata di wilayahnya masing-masing. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.