Menjadi Peserta Terbaik, 30 Peserta KSB Siap Sukseskan Penas Padang


Lintas NTB, Sumbawa Barat
- Penas (Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Seluruh Indonesia) yang akan dilakukan di kota Padang Provinsi Sumatera Barat akan diikuti oleh tiga puluh peserta dari Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

PENAS merupakan salah satu kegiatan guna memotivasi dan menggairahkan petani-nelayan, petani hutan serta masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

Kepala Dinas Pertanian KSB Ir. Muhammad Saleh, M. Si diruang kerjanya, Selasa, (06/6/2023) mengatakan, peserta yang akan mengikuti kegiatan Penas Padang yaitu, peserta utama pengurus KTNA, peserta pendamping dari pemerintah daerah, dinas, badan dan instansi serta penyuluh yang ditugaskan pemerintah daerah.

Lanjutnya, peserta peninjau pejabat pemerintah, pemerintah daerah, provinsi, Kabupaten/Kota pimpinan DPRD dan lainnya. Penas Petani Nelayan XVI tahun 2023 diselenggarakan dari tanggal 10-15 Juni 2023 di Kota Padang.

Dia juga mengatakan, tema Penas Padang ke XVI tahun 2023 "Memantapkan Penguatan Potensi Dan Potensi Tawar Komoditi Lokal Untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045".

Sementara itu, ketua kontak tani nelayan (KTNA) Abdul Aziz menyampaikan bahwa, dirinya sudah mendata petani dan nelayan yang akan ikut ke Penas Padang, keseluruhannya 30 orang yang diambil dari unsur petani, peternak, nelayan dan Kwt.

Ia merincikan, ada 23 peserta utama petani dan nelayan serta 7 pendamping. Dia berharap, semoga peserta yang berangkat tersebut dapat mempergunakan waktu dan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk belajar, bertukar informasi, menjalin kerjasama dengan daerah lain se Indonesia yang hadir di Penas Padang.

Ia menekankan kepada peserta Penas dari KSB supaya memanfaatkan kegiatan ini, karena kegiatan ini menggunakan anggaran Pemda. Jadi betul betul maksimal mengikuti kegiatannya, karena ke Penas bukan kita datang untuk main main, kita akan membawa nama baik Kabupaten kita.

Sangat tidak etis, pemerintah sudah mengucurkan anggaran, lantas kita setengah hati ikuti kegiatan itu. Diakhir wawancara, dia mengatakan bahwa, tanggal 4 peserta berangkat dari KSB. Tanggal 5-7 Juni kegiatan Peda di Narmada dan tanggal 8 berangkat ke Padang. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.