Tekan Rabies, Dinas Pertanian Sampaikan Himbauan Ini Ke Masyarakat


Lintas NTB, Sumbawa Barat
- Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) di tahun ini akan gencar menekan penyakit rabies yang ditularkan oleh hewan ke manusia.

"Kami akan kembali menekan penyakit rabies yang ditularkan oleh hewan pembawa rabies dengan berbagai kegiatan," ungkap Kepala Dinas Pertanian KSB Ir. Muhammad Saleh, M.Si melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan, drh. Hendra Surya Saputra, M.Si kepada media ini, Minggu, (4/6/2023) diruang kerjanya.

Ia menjelaskan, penyakit rabies sempat mengalami penurunan di Januari 2022 sampai Januari 2023, penurunan itu bukan dengan gigitan yang jelas. Artinya masih ada hewan yang menggigit namun tidak diketahui hewan pembawa rabies atau tidak. "Sampai saat ini penyakit rabies masih terkendali," ungkapnya.

Ia berharap kepada masyarakat agar memberitahukan keberadaan anjing, kucing dan kera peliharaannya agar di vaksin. Karena ketersediaan vaksin dan obat terpenuhi di KSB. Dinasnya juga selalu koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait lainnya agar saling sharing informasi terhadap keberadaan kasus rabies.

Ia berharap kepada masyarakat agar anjing yang menggigit manusia tidak langsung dibunuh, segera informasi ke petugas kami untuk diambilkan sampelnya. "Cara utama mengendalikan penyakit rabies dengan  vaksinasi kepada hewan," tutupnya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.