Wakili NTB, KTNA Sumbawa Barat Raih Peringkat 1 Nasional Di Ajang Temu Karya


Lintas NTB, Padang -
Setelah melewati proses penilaian oleh tim juri pada Temu Karya Petani Nelayan Andalan Penas 2023 yang bertempat di Gedung Bappeda Provinsi Sumatera Barat pada Rabu, (21/06/2023).

Tim NTB yang diwakili oleh KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Kabupaten Sumbawa Barat dan dua orang dari Dinas Pertanian Provinsi NTB, berhasil meyakinkan dewan juri dalam pemaparan dan presentasi karyanya, sehingga menghantarkan tim NTB menduduki peringkat ke 1 Nasional menyisihkan 21 peserta lainnya se - Indonesia. 

Kepala Dinas Pertanian KSB Ir. Muhammad Saleh, M. Si mengapresiasi keberhasilan yang diraih oleh oleh KTNA Sumbawa Barat. "Saya merasa bangga atas prestasi ini, semoga petani kita lebih sukses lagi kedepan," ungkapnya.

Penerimaan hadiah tersebut berlangsung di Kantor Bappeda Provinsi Sumatera Barat pada hari Selasa, 13 Juni 2023. Karya bidang pertanian yang diberi nama Ispalog (Isian Pemadatan Baglog) yang merupakan alat budidaya jamur adalah karya teknologi yang mewakili provinsi NTB dalam kompetisi tersebut. Pemaparan oleh tim NTB yang diwakili oleh KTNA Sumbawa Barat, yang terdiri dari Hasanuddin, Sri Molah, Jihad Abdullah, dan dua orang pendamping dari Provinsi yaitu M. Said, dan M. Darwis, SP telah menyampaikannya dengan lugas, sehingga para dewan juri memberikan apresiasi terbaik kepada tim NTB. 

Menurut perwakilan dewan juri menyatakan bahwa, Ispalog adalah sebuah teknologi yang sederhana, mudah dibuat, harga murah, tetapi cukup efektif dalam membantu budidaya petani jamur. Teknologi seperti itulah yang dibutuhkan oleh petani Indonesia saat ini, guna mendukung produktifitas pertanian di masa mendatang.

Dari 21 peserta se Indonesia, tim NTB  berhasil meraih peringkat 1 Nasional, yang selanjutnya diikuti oleh Provinsi Bangka Belitung sebagai juara 2, juara 3 Provinsi Jawa Barat, juara harapan 1 Provinsi Sulawesi Barat, dan juara harapan 2 Kalimantan Timur. 

Sementara itu, waktu pembukaan dihadiri oleh Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM bersama istri dan didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian KSB Ir. Muhammad Saleh, M. Si beserta Sekdis Pertanian Jamilatun, SP, Asisten 3, Kepala Dinas Dikbud, Kepala Diskoperindag, Kepala Dinas Perikanan serta Inspektur Inspektorat selaku ketua 3. Dalam kegiatan mengikuti PEDA dan PENAS yang ketua umumnya Kepala Bappeda KSB.

Pada acara pembukaan Penas KTNA Ke 16 di Padang Sumatera Barat yang kemungkinan acara penutupan dihadiri Wakil Bupati Fud Syaifuddin, ST serta Asisten II. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.