Bupati KSB Lepas 85 Pelajar Penerima Bea Siswa SMK Unggulan Amman Scholarship Tahun 2023


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin., MM melepas sebanyak 85 siswa yang akan melanjutkan sekolahnya ke jenjang SMK melalui program Aman Scholarship 2023. Dalam kesempatan menyampaikan laporannya, Ilyas Amin selaku penanggungjawab kegiatan menjelaskan bahwa, program yang dijalankan tersebut bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan akademis, tetapi dibekali juga dengan kredibilitas, agar kelak dapat membangun KSB yang unggul cerdas dan kompetitif. 

Ini adalah tahun ketiga dalam program pendidikan vokasi. Tahun pertama ada sebanyak 10 anak KSB yang dikirim ke SMK Umar said Kudus. "Tahun 2022 kembali mengirim 68 anak, dan sekarang tahun ketiga bertambah jumlah anak berprestasi sebanyak 85 anak," ungkap M. Ilyas, Selasa, (11/7/2023).

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengingatkan bahwa, untuk terseleksinya sebanyak 85 orang anak bukan perjuangan yang mudah. Sejak pendaftaran bulan Mei hingga Juli, sebanyak 1000 anak, dan akhirnya terseleksi mengerucut 85 orang, 36 siswi 49 siswa berasal dari seluruh Kecamatan dan nantinya akan didampingi oleh pihak dikbud, sosial infact, dan eksternal relation PT. AMNT. 

Dalam suasana yang penuh suka cita dan Haru, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin., MM memberikan semangat kepada siswa dan orang tua. Mereka di kirim bersekolah ke tempat yang lebih baik. Kita menyekolahkan anak kita ke luar daerah, tentu mereka akan bertemu dengan teman - teman baru dengan latar belakang berbeda, teman baru yang berkualitas, paling tidak jalan pikiran mereka berubah. Mereka diarahkan untuk mandiri. Kadang kita merasa hebat sendiri karena kita tidak punya saingan. 

Kita tidak tahu dunia ini luas, dengan bersekolah ke luar kita akan lebih luas wawasan kita. Kalau ini terus berlangsung, tidak menutup kemungkin akan berlanjut sampai ke luar negeri. Gapailah cita cita kalian. Manfaatkan baik baik kesempatan ini, kepada orang tua agar terus doakan. InsyaAllah ini akan bermanfaat untuk KSB dimasa yang akan datang.

Ditempat terpisah, tim media melakukan wawancara dengan Priyo Pramono, Vice President Social Impact AMMAN, menerangkan bahwa, sebagai bentuk kepedulian terhadap  upaya pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah tambang khususnya dan Kabupaten Sumbawa Barat pada Umumnya,  PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) kembali menyalurkan beasiswa untuk ketiga kalinya, sasarannya adalah pelajar tingkat SMP untuk melanjutkan Study di 8 SMK Favorit yang ada di Provinsi Jawa Timur, beasiswa ini diberikan bagi puluhan pelajar tingkat SMP di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Sebanyak 85 pelajar ini terpilih untuk melanjutkan pendidikan ilmu kejuruan atau vokasi di 8 SMK terbaik yaitu di SMK Wisudha Karya, SMK Raden Umar Said (RUS), SMK NU Banat, SMK NU Maarif, SMK PGRI 1, SMK PGRI 2 Kudus, SMK PGRI 2 Ponorogo, SMK Brantas Karangkates, Malang. Program pendidikan vokasi atau kejuruan tersebut dimulai tahun ini hingga tiga tahun ke depan.

Kedelapan SMK ini merupakan mitra pelaksana program Social Impact, di bawah kelolaan Djarum Foundation. SMK-SMK tersebut telah menciptakan lulusan-lulusan profesional di berbagai bidang, yang berhasil mendapatkan kesempatan kerja di perusahaan-perusahaan berskala nasional dan internasional. Selain itu, SMK Wisudha Karya dan SMK Raden Umar Said (RUS) juga kerap meraih sejumlah penghargaan dan menjadi rujukan magang oleh Kemendikbudristek untuk siswa dan para guru vokasi dari berbagai daerah.

Sejumlah program yang tersedia antara lain Desain Komunikasi Visual, Animasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Mesin, Teknik Automasi, Nautika Kapal Niaga, Teknik Kapal Niaga, dan Teknik Energi Terbarukan. “Program beasiswa ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kompetensi pelajar asal Kabupaten Sumbawa Barat, hingga dapat bersaing di dunia industri yang begitu kompetitif. 

Program-program yang ditawarkan juga sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Tentunya kami berharap, para pelajar yang akan menjadi pemimpin masa depan ini dapat turut memajukan perekonomian wilayah KSB di masa depan. Program ini merupakan upaya AMMAN sebagai salah satu perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia dalam menciptakan warisan terbaik bagi generasi muda,” jelas Priyo Pramon, Vice President Social Impact AMMAN, pada acara seremoni Pelepasan AMMAN SCHOLARS 2023 untuk BEASISWA 8 SMK Unggulan AMMAN. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.