DPMD KSB Bekali AGR Untuk Jalankan Aplikasi PDPGR Satu Data


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa Barat Drs. Tajuddin, M. Si mengatakan bahwa, saat ini DPMD sedang melaksanakan Bimbingan Teknis kepada para Agen Gotong Royong untuk pengoperasian aplikasi PDPGR satu data.

"Bimbingan Teknis ini ditargetkan tuntas dalam waktu 13 hari sampai dengan 21 Juli 2023 dan setelah Bimtek diharapkan para Agen Gotong Royong telah memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup untuk pengoperasian aplikasi PDPGR satu data," jelasnya, Rabu, (12/7/2023).

Ia juga mengatakan, sampai dengan saat ini telah tuntas 6 Kecamatan antara lain Kecamatan Jereweh,  Sekongkang,  Brang Ene, Brang Rea,  Poto Tano dan Seteluk," ungkapnya.

Kegiatan ini menggandeng Badan Pusat Statistik sebagai Pembina data sektoral untuk memastikan data-data ini terstandarisasi, saat ini untuk data sektoral yang akan diinput oleh Agen dalam Aplikasi PDPGR Satu Data masih terbatas pada 23 variabel yang sebagian besar data kesehatan, kedepan variabel data sektoral dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan data masing-masing Organisasi Perangkat Daerah. Untuk melakukan akses aplikasi PDPGR satu data disiapkan dashboard akses untuk AGR Peliuk, AGR Kecamatan, Pemerintah Kecamatan, OPD dan Pimpinan Daerah.

Bimbingan teknis ini juga merupakan salah satu milestone pelaksanaan komitmen 3 Open Goverment Partnership (OGP) Lokal Kabupaten Sumbawa Barat yaitu Mewujudkan KSB Satu Data yang Partisipatif, Berkualitas, Mudah Diakses, dan Bermanfaat bagi semua pihak (Inklusif). (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.