Ikut Lomba Inovasi Daerah, Tagana KSB Sampaikan Metode Kurma


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Sumbawa Barat telah meraih juara pada Lomba Inovasi Daerah yang diadakan oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) KSB.

"Saat lomba Inovasi Daerah, kami mengangkat tema "Pencegahan dan Mitigasi Bencana dengan metode KURMA. Komunikasi, Kordinasi dan Kerjasama yang di singkat KURMA," kata Koordinator Tagana Kabupaten Sumbawa Barat Mulyadi, S. Pd kepada media ini, Jumat, (21/7/2023).

Ia juga menjelaskan, metode kurma adalah metode yang dilakukan untuk pencegahan dan mitigasi bencana serta mengimplementasikan surat edaran bersama Kementerian Sosial dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2019 dan Nomor 1 Tahun 2019 tentang Mitigasi Kebencanaan Pada Satuan Pendidikan melalui program TAGANA Masuk Sekolah (TMS).

Lanjut Mulyadi sapaan akrabnya mengatakan, metode KURMA di inisiasi untuk dapat melakukan pencegahan dan mitigasi menghadapi berbagai jenis bencana baik itu bencana alam dan bencana non alam atau bencana yang di akibatkan oleh ulah manusia. 

"Metode KURMA akan melibatkan dan memberdayakan berbagai unsur masyarakat serta pemangku kepentingan di wilayah satuan pendidikan dan juga memetakan potensi siswa siswi yang akan berperan sebagai pemimpin, ketika suatu waktu terjadi bencana di satuan pendidikan," tutur Mulyadi.

Ia berharap, dengan dilombakan metode kurma ini akan mampu menjadi  strategi baru dalam kebencanaan untuk meminimalisir terjadinya korban, ketika bencana terjadi. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.