Ketua DPRD KSB Ajak Semua Pihak Jaga Kondusifitas Daerah


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Pembangunan di Daerah sangat dipengaruhi oleh kekuatan sumberdaya manusia (SDM), sumber daya alam yang berdampak pada kondusifitas suatu daerah. Supaya terjadi akselerasi/percepatan pembangunan, maka sangat dipengaruhi oleh kelihaian pengelolaan diantaranya adalah unsur Pemerintah dengan seluruh perangkatnya, akademisi dengan semangat pengabdiannya kepada masyarakat, bisnisman atau pengusaha dengan seluruh kekuatan dana dan ilmu tekniknya, komunitas dengan segala kekayaan budayanya maupun media dengan bermacam-macam modelnya seperti media massa, elektronik maupun media online. 

"Para pelaku pembangunan tersebut dikenal dengan pentahelix," ucap Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Barat Kaharuddin Umar saat di wawancarai awak media, Senin, (3/7/2023).

Pembangunan harus dikawal dengan menjaga kondusifitas daerah. Termasuk dirinya sebagai wakil rakyat tidak tutup mata dengan gonjang-ganjing isu terkini di daerah maupun nasional seperti masalah pertambangan, dan hak asasi manusia, didalamnya ada hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat seperti tenaga kerja, aktivitas pertambangan maupun supply logistik bagi pengusaha lokal.

"Apalagi dengan isu LSM yang sempat mengemuka dalam waktu 1 bulan terakhir ini, oleh karenanya, saya berharap permasalahan tersebut agar bisa segera selesai dengan baik," jelasnya.

Belum lagi gonjang ganjing isu -isu yang diangkat oleh LSM dan pemberitaan awak media yang saling melaporkan selama sebulan terakhir ini menjadi pembicaraan publik bahkan nasional. "Kami berharap pimpinan daerah melalui Forkopimda agar dapat duduk bersama membicarakan permasalahan yang terjadi, karena ini merupakan bagian dari tanggung jawab kita dalam menjaga kondusifitas di daerah," urainya.

Ia menjelaskan, kalau kita terus berdebat di ruang maya bahkan publik, tidak hanya yang bersengketa yang sibuk atau tegang pemikirannya tapi komponen lainnya. Kami sebagai pimpinan Daerah lebih melihat hal yang lebih luas kedepannya yakni bagaimana daerah kita "Riam Remo" atau Senap semu nyaman nyawe yang merupakan kondisi kebatinan kita yang tentram dan nyaman. 

Jika tercipta kondisi demikian, maka pembangunan di daerah kita akan berlangsung dengan lancar. Semua komponen aktor pembangunan memiliki tugas yang mulia dan sangat penting dalam membangun daerah kita  baik itu pemerintah, legislatif, komunitas LSM, akademisi dan utamanya media, semuanya sebagai kontrol dalam pembangunan. 

"Apalagi  kita akan memasuki tahun politik, tentu isu dan persoalan tidak perlu kita tunggu menjadi besar, jika bisa diselesaikan secara arif dan bijaksana itu lebih baik. Mari kita hentikan sikap-sikap mencari kesalahan, lebih baik kita petakan solusi," pungkasnya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.