Antisipasi Radikalisme dan Terorisme, Kejaksaan Negeri Adakan Rapat Kordinasi PAKEM


Lintas NTB, Sumbawa Barat
- Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat mengadakan rapat koordinasi dengan tim pengawasan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan dalam masyarakat (PAKEM), Jum,at, (4/8/2023).

Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat Dr. Titin Herawati Utara, S.H., M.H. yang diwakili oleh Kasi Intelijen Rasyid Yuliansyah, S.H., M.H. mengatakan, kegiatan PAKEM rutin kami laksanakan di kejaksaan Negeri Sumbawa Barat. Pengawasan PAKEM menjadi kegiatan kami setiap tahun, sedangkan untuk tahun ini difokuskan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait radikalisme dan terorisme.

Ia juga menyampaikan materi dalam rapat koordinasi PAKEM tersebut mengenai pengertian radikalisme dan terorisme, sejarah radikalisme, terorisme di Indonesia, ciri-ciri radikalisme, faktor yang mempengaruhi munculnya radikalisme, contoh radikalisme dan cara menangkal radikalisme.

Dia juga menjelaskan, kegiatan PAKEM ini berdasarkan instruksi Jaksa Agung yang memberikan perhatian khusus di NTB terkait radikalisme dan terorisme untuk meminimalisir gerakan terorisme. Ini dilakukan dalam menghadapi situasi politik yang akan dilaksanakan tahun depan. Karena dikhawatirkan akan ada pihak yang memanfaatkan situasi ini untuk kepentingan pribadi.

Kepala bidang Kewaspadaan Dini dan Ketahanan Nasional Badan Kesbangpol KSB Gusnaini, S. Pd., M. Pd menginginkan agar setiap laporan dari kegiatan pakem harus keluar dengan satu narasi dan sumber yang satu. Kewaspadaan dini merupakan tindakan yang harus kita antisipasi terutama di daerah industri. Karena tidak menutup kemungkinan Kamtibmas di sana akan terganggu dengan kedatangan tamu dari luar yang membawa adat istiadat dan budaya yang berbeda.

Ia berharap kepada semua peserta yang hadir untuk tetap mengawasi kegiatan masyarakat dan pencegahan dini harus ditingkatkan. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan PAKEM. Tindak lanjut kedepan agar tim pakem bisa bekerja dengan maksimal. 

Hadir dalam acara tersebut, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat, Kesbangpol, TNI, Polri, Dinas Dikbud dan Kemenag. (LNG05)




0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.