Dinas Pertanian KSB Berikan Pelatihan TOT Bagi Penyuluh Pertanian SE KSB


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Untuk memberikan pemahaman dan tata cara dalam membudidaya buah-buahan kepada petani. Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat melakukan kegiatan Training Of Trainer (TOT) bagi penyuluh pertanian terkait budidaya melon, semangka, anggur, cabai, tomat, hidroponik, budidaya jagung, budidaya padi, dan pupuk organik yang di pusatkan di BPP Seteluk, Sabtu, (26/8/2023).

Kegiatan itu diikuti oleh perwakilan penyuluh pertanian baik PNS maupun PPPK dari 8 Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) se Kabupaten Sumbawa Barat. Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian KSB Ir Muhammad Saleh, M. Si mengatakan bahwa, kegiatan ini dibiayai melalui anggaran APBD dengan harapan, setelah kegiatan ini nantinya ilmu yang diperoleh oleh penyuluh dapat ditransfer ke petani di wilayah kerja penyuluh pertanian masing-masing. 

Ia juga mengatakan, pada TOT hari ini diawali budidaya melon dengan tujuan kedepan petani Kabupaten Sumbawa Barat dapat mengembangkan tanaman yang mempunyai nilai agrobisnis yang cukup menguntungkan bagi petani tersebut.

Ditambahkan oleh Kepala Bidang Penyuluhan Hasan Basri, SP menjelaskan, pemateri pada TOT ini adalah koordinator penyuluh Kabupaten Sumbawa Barat Achmad Budillah, SP., M.Si dan penyuluh senior Muhammad Zuhri, SP yang ahli pada budidaya melon baik secara teori maupun praktik lapangan tentang budidaya melon.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati atas support terhadap kegiatan ini. Sehingga petani bisa mengenal dan paham tentang bagaimana membudidayakan tanaman buah-buahan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.