Sasar Siswa-siswi SMKN 1 Brang Ene, Kejari Sumbawa Barat Berikan Penyuluhan Hukum JMS


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Perkenalan terhadap hukum secara dini diberikan oleh Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat dalam program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) kepada siswa-siswi SMKN 1 Brang Ene, Kecamatan Brang Ene, Rabu, (09/08/2023).

Penyuluhan hukum di SMKN 1 Brang Ene mengangkat tema "Bahaya paham radikalisme dan terorisme "Kenali Hukum dan Jauhi Hukuman". Itu diberikan supaya siswa-siswi bisa mengetahui terkait masalah hukum.

Dalam sambutannya, Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Brang Ene Bidang kurikulum Insanul Jihat, S. Pd mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat Dr. Hj. Titin Herawati Utara, S.H., M.H. dan Kasi Intelijen Rasyid Yuliansyah, S.H., MH bersama staf Kejari Sumbawa Barat  yang sudah menyempatkan hadir dalam memberikan penyuluhan hukum kepada siswa-siswi dalam kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di SMKN 1 Brang Ene. 

"Diharapkan para peserta siswa dan siswi bisa mengikuti materi dengan sebaik- baiknya, kalau ada diskusi silahkan ajukan pertanyaan-pertanyaan yang bermanfaat dari sisi penegak hukum supaya siswa memahami batasan terkait hukum," ungkapnya.

Ia juga menegaskan, dengan adanya program penyuluhan hukum Jaksa Masuk Sekolah (JMS), siswa-siswi bisa sadar terhadap hukum dan memperkenalkan hukum ditengah-tengah masyarakat. "Bila kita melakukan pelanggaran hukum tentu ada konsekuensinya, jadi kita harus berhati-hati jangan sampai terkena hukum," jelasnya.

Sebelum menyampaikan sambutan kepada Pelajar SMKN 1 Brang Ene, Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat Dr. Hj. Titin Herawati Utara, S.H., MH memberikan pertanyaan kepada salah satu pelajar dengan beberapa pertanyaan tentang ideologi pancasila. 

Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat Dr. Hj. Titin Herawati Utara S.H., M.H dalam sambutannya, menyampaikan kepada siswa-siswi SMKN 1 Brang Ene agar tidak tersangkut hukum dalam melakukan rutinitas sehari-hari di tengah-tengah masyarakat. Sebelum bertindak perlu dipikirkan secara matang-matang.

"Materi yang kami sampaikan kepada para siswa-siswi yakni bagaimana cara untuk mengantisipasi terjadinya kenakalan remaja, seperti tawuran antar pelajar, geng motor dan lain-lain," katanya.

Kemudian pemaparan materi yang disampaikan oleh Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat Rasyid Yuliansyah, S.H., M.H dengan judul "Kenali Hukum, Jauhi Hukuman" dan berlanjut dengan sesi tanya jawab. 

Tampak para siswa dan siswi SMKN 1 Brang Ene yang mengikuti Jaksa Masuk Sekolah sangat antusias dalam menjawab segala pertanyaan yang dilemparkan oleh pihak kejaksaan. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.