200 Perahu, Ikut PKB Cup 1 Dalam Lomba Lopi Lopi di Desa Labuhan Kertasari


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Sebanyak 200 perahu kecil yang dimiliki oleh nelayan desa Labuhan Kertasari ikut dalam lomba Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Cup 1. Lomba yang diikuti oleh nelayan tersebut bernama Lopi Lopi. Dalam festival PKB Cup 1 tersebut, akan di lomba Lopi Lopi menjadi event rutin masyarakat Desa Labuhan Kertasari, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Saat diwawancari oleh media, Sabtu, (2/9/2023) pembina lomba lopi-lopi Andi Laweng, SH., MH mengatakan bahwa, lomba Lopi Lopi merupakan salah satu event budaya masyarakat Desa Labuhan Kertasari yang akan terus dilaksanakan setiap tahunnya, pihaknya juga akan mengajukan lomba ini menjadi event Pemda KSB, regional dan nasional, karena lomba ini sebagai budaya khas yang hanya ada di masyarakat Desa Labuhan Kertasari.

"Lopi lopi itu, merupakan sebuah miniatur perahu layar tanpa awak yang menjadi permainan tradisional masyarakat desa labuhan kertasari setiap musim angin kencang, tradisi ini tetap terus di lestarikan masyarakat Desa Labuhan Kertasari," ungkap Andi Laweng selaku anggota DPRD KSB dari partai PKB.

Ia juga menyampaikan, semangat dilaksanakannya PKB CUP 1 lomba Lopi lopi untuk menjaga silaturahmi dan melestarikan budaya warga Kertasari, adat istiadat masyarakat, Semangat gotong royong masyarakat yang sangat luar biasa. "Lomba Lopi lopi ini di selenggarakan dari tanggal 27 Agustus dan berakhir pada Sabtu 2 September ini yang dikuti 200 peserta," katanya.

Ditempat terpisah, ketua panitia Rizky Setiawan mengatakan bahwa, kegiatan lomba lopi lopi tersebut berjalan selama 7 hari, sudah banyak perahu nelayan yang di lombakan sebagai rangkaian sampai saat penutupan ini.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensupport serta mendukung kegiatan PKB Cup 1 lomba Lopi lopi ini, semoga semakin sukses dan sampai bertemu di lomba Lopi lopi tahun depan," ujarnya.

Lanjutnya, lomba lopi lopi itu sendiri sangat menarik perhatian warga serta wisatawan dalam, luar daerah dan mancanegara. Karna budaya lomba Lopi lopi ini hanya ada di masyarakat Desa Labuhan Kertasari. "Semoga kedepan lomba ini semakin sukses dan pengunjung semakin ramai," pungkasnya. (LNG05)


0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.