Kodim 1628/SB Gelar Bhakti Sosial Khitanan Massal dalam Rangka HUT TNI Ke-78


Lintas NTB, Sumbawa Barat
- Dalam rangka menyambut HUT TNI Ke-78 Kodim 1628/Sumbawa Barat bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Asy-syifa' dan BRI Cabang Taliwang menggelar kegiatan bhakti sosial khitanan massal di Makodim Jln Labuan Balad Kelurahan Bugis Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat Kamis, (21/09/2023)

Dalam kegiatan bhakti sosial khitanan massal tersebut sekitar 57 orang anak dari beberapa Desa dan Kelurahan yang berbeda di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat berhasil di khitan. Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja mengatakan, kegiatan seperti ini sangat membantu meringankan beban kaum dhuafa atau kurang mampu maupun masyarakat yang membutuhkan.

Dandim juga menjelaskan, bahwa untuk sasaran kita buat merata di setiap Kecamatan melalui perwakilan Babinsa untuk mendata anak anak yang akan di khitan. "Dengan adanya khitanan massal ini selain mempererat hubungan antara masyarakat dengan TNI, juga bertujuan agar dapat meringankan beban bagi warga kurang mampu yang belum melaksanakan khitan bagi putranya," urai Dandim kelahiran Pangandaran Jabar ini.

Lanjut dandim, adanya kegiatan karya bakti dan bakti sosial oleh Kodim 1628 memberikan kontribusi nyata membangun sumber daya manusia yang berkualitas, sehat dan sejahtera. Para prajurit TNI dan ibu-ibu Persit juga dapat menanamkan nilai nilai perjuangan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan dengan masyarakat. “Dilaksanakannya kegiatan seperti ini akan membuat rakyat sehat dan TNI juga semakin kuat dengan kedekatan bersama masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu dari RSUD Asy Syifa Kabid Penunjang medik dan sarana Andi Suhaeri, S.ST.M.M.Inov kepada media ini menyampaikan terkait proses pelaksanaan khitanan massal. "Dalam tahapan awal, petugas medis dari Asy Syifa melaksanakan penimbangan berat badan pada anak yang mau di khitan, tujuannya untuk menentukan nantinya Dosis obat yang akan diberikan kepada anak yang di khitan, sedangkan usia anak yang di khitan pagi hari ini, termuda berusia 1 tahun dan usia tertua 9 tahun," ujarnya 

Ia mengatakan 20 orang petugas team dari RSUD Asy syifa gabungan dari 8 operator, 10 orang gabungan dari dokter, perawat, apoteker. Di gunakan sistem Electro Coutter dengan sistem 2 jahitan," terangnya.

Target untuk kesembuhan anak pasca khitanan ini selama 8 hari, kalau ingin cepat sembuh harus disiplin dalam minum obatnya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.