Prof. Din Syamsuddin Sebut Penampilan Tim Kesenian KSB Bisa Jadi Inspirasi Santri Ponpes Dea Malela


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Tim Kesenian Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kembali tampil memukau dihadapan para tamu undangan. Kali ini tampilan tersebut, menggugah seluruh peserta Silatulfikir 99 Tokoh Tana Samawa yang bertempat di Pondok Pesantren Dea Malela Pamongo Kabupaten Sumbawa. 

Tim yang pernah tampil di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus 2023 tersebut, kembali menampilkan kolaborasi musik Sarama Pakanjaran. Hadir dalam acara tersebut Prof. Din Syamsuddin selaku pimpinan Pondok Pesantren Dea Malela, Prof. Saefuddin Iskandar Rektor Unsa, Sastrawan Nasional Dinullah Rayes, dan beberapa tokoh Sumbawa di jakarta, seperti Hatta Taliwang, Amir Jawas, Mek Dilaga, dan seluruh tokoh dan Budayawan Sumbawa peserta Silatulfikir 99 Tokoh Sumbawa.

Setelah penampilan memukau tersebut, Prof. Din Syamsuddin selaku tuan rumah menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap tim kesenian dari KSB tersebut. "Saya menyampaikan terimakasih dan memberikan penghargaan. Saya pribadi sangat menikmati, saya selalu merasa tidak puas ketika kreasi seni ditampilkan dengan penuh keindahan. Seni tradisi Samawa dengan berbagai variasinya baik seni tari, seni suara, seni tutur, dan alat alat yang mengiringinya sangat berdimensi religi dan ketuhanan. Saya mengamati sungguh ekspresif," jelasnya, Minggu, (24/9/2023).

Seni seperti itu dikalangan sufi untuk berdoa, dan serunai sejak jaman lampau persis dipake oleh kaum sufi dan dipakai untuk menghubungkan diri melalui suara bumi diangkat ke langit dengan harapan terpaan langit akan datang ke bumi. Ini bisa menjadi inspirasi untuk santri - santri Ponpes Dea Malela dalam membuat karya seni," ungkap Prof. Din. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.