Siswa-Siswi SMKN 1 Brang Ene, Kunjungan Wisata Edukasi ke Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sumbawa Barat kedatangan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kecamatan Brang Ene dalam kunjungan wisata edukasi untuk mengetahui lebih detail terkait Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat.

Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat Dr. Hj. Titin Herawati Utara, S.H., M.H. mengatakan, sebanyak 60 siswa SMKN 1 Brang Ene berkunjung melakukan kunjungan edukasi bersama dengan guru pendamping mereka untuk melihat kantor Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat secara detail dan bidangnya.

"Kami menjelaskan tugas dan wewenang jaksa pada umumnya, tidak hanya itu kami juga menyampaikan struktur dan organisasi mulai bidang Datun, bidang Intelijen, bidang Pidsus, bidang Pidum, bidang Pembinaan, bidang PB3R dan lain-lain," terang Kajari, Senin, (25/9/2023).

Lanjut Kajari, pihaknya memberikan edukasi mengenai proses suatu peradilan pidana mulai dari penuntutan sampai dengan eksekusi. Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat juga memperkenalkan hukum pidana, perdata, serta apa yang di maksud hukum publik dan hukum privat, namun yang lebih rinci dan detail adalah terkait tugas dan wewenang. Sehingga mereka memahami tugas dan fungsi (tupoksi) seorang jaksa.

"Mereka bisa memahami tupoksi seorang jaksa itu seperti apa, wewenang jaksa sehingga mereka bisa membedakan apa itu penuntut umum dan jaksa, karena itu adalah hal yang berbeda walaupun itu satu kesatuan,"  jelasnya.

Menurutnya, berkembang di kalangan masyarakat bahwa jaksa hanyalah penuntut umum, padahal makna jaksa dan penuntut umum berbeda, sehingga juga diberikan edukasi kepada siswa tersebut agar mereka memahaminya perbedaannya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.