Tumbuhkan Peran Masyarakat, Tim Pengabdian Unram Lakukan Sosialisasi Pemanfaatan Potensi Pesisir


Lintas NTB, Sumbawa - Universitas Mataram
 (Unram) melalui tim pengabdian kepada masyarakat program studi sosiologi melakukan kegiatan sosialisasi pemanfaatan kerang dan siput laut untuk menunjang sumber pendapatan alternatif bagi keluarga. 

Kegiatan itu diselenggarakan di Desa Gontar Baru Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa. Dalam kegiatan sosialisasi, tim pengabdian Universitas Mataram yang diketuai oleh Dr.Taufiq Ramdani, S.Th.I., M.Sos menyampaikan, berbagai peluang ekonomi dari ketersediaan berbagai biota laut khususnya di kawasan pesisir, berupa kerang, siput laut, serta lingkungan dan pemandangan pesisir itu sendiri yang mempunyai daya dukung terhadap peningkatan nilai komoditas dan pemasaran. 

Ia mengatakan, berangkat dari pengalaman sang ketua tim pengabdian selama di Florida Amerika Serikat, maka ada beberapa strategi pemanfaatan Siput dan Kerang laut yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi tersebut agar siput dan kerang laut mendatangkan nilai ekonomi yang tinggi bagi masyarakat setempat. Siput dan kerang laut mempunyai nilai jual yang tinggi saat dipasarkan di lokasi yang tepat dan dengan strategi yang tepat pula.

 "Kerang laut, selain sebagai sumber protein yang tinggi juga sering mendatangkan peminat dan pendapatan yang tinggi saat dihidangkan dalam bentuk kuliner siap santap, terlebih bila penyajian dan santapannya menggunakan latar pantai sebagai lokasi," katanya, Jumat, (15/9/2023).

Menurutnya, ada beragam cara pengolahan kerang dan siput laut yang apabila ditawarkan dalam bentuk pilihan sajian kuliner akan mempunyai nilai jual yang tinggi dan mendatangkan minat dari para pemburu kuliner yang penasaran dengan citarasa dan nuansa. Adapun substansi lain yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi adalah terkait strategi pemasaran dan meretas jaringan pemasaran. 

Lanjutnya, merajut jaringan dan menembus pangsa pasar menjadi kunci sukses keberlanjutan dan tumbuh kembang usaha pengolahan kerang dan siput laut. Untuk kebutuhan terhadap pemintaan lokal, maka masyarakat desa Gontar Baru perlu menguasai dan memahami mekanisme serta trik pemasaran berbasis media online dan digital. Place market, WA Group, media sosial dan aplikasi pemasaran online lainnya menjadi kenyataan untuk dikuasai dan dipelajari strategi pemanfaatannya untuk kegiatan promosi dan pemasaran hasil pemanfaatan dan pengolahan siput dan kerang laut untuk mendapatkan pangsa pasar dan peminat dari kota Alas dan sekitarnya. 

Untuk pangsa pasar lokal Kota Alas, maka pengolahan siput dan kerang laut dalam bentuk sajian kuliner siap santap yang disipakan di pesiri Pantai adalah pilihan yang paling menjanjikan.

"Hasil dari kegiatan sosialisasi yang disampaikan oleh tim Pengabdian kepada masyarakat Program Studi Sosiologi Universitas Mataram Tahun 2023 ini diharapkan akan memberi dampak berkesinambungan terhadap upaya masyarakat setempat untuk mengupayakan sumber pendapatan alternatif bagi keluarga mereka," pungkasnya. (LNG05)


0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.