Pelatihan Jurnalisme Konvergensi, PWI KSB Hadirkan Nara Sumber Kelas Dunia


Lintas NTB, Mataram -
Pelatihan Jurnalisme Konvergensi yang dilaksanakan PWI Sumbawa Barat bersama PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) dan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, di Sengigi Lombok Barat, Sabtu 6 Oktober 2023, berlangsung menyenangkan dan asyik.

Pelatihan yang bertujuan untuk mencetak wartawan multi tasking yang mampu mengintegrasikan berbagai platform media untuk menghasilkan konten yang lebih kaya, mendalam dan beragam itu menghadirkan tiga orang ahli jurnalisme konvergensi dari Lembaga Pendidikan Jurnalistik LKBN Antara sebagai nara sumber. 

Mereka adalah Priyambodo RH, mantan kepala kantor LKBN Antara Biro Eropa di Lissbon Portugal dan Brussels Belgia. Alumni International Institute for Journalism (IIJ) Berlin, Jerman, tahun 1995 itu membawakan materi tentang Jurnalisme Konvergensi, Regulasi Konvergensi dan Urgensi Publik. 

Nara sumber kedua adalah Darwito, Direktur Tekhnologi LKBN Antara yang menyampaikan materi tentang Search Engine Optimization (SEO) yang memiliki efektifitas sangat tinggi untuk meningkatkan kuantitas pengunjung website. Sedangkan nara sumber ketiga adalah Panca Hari Prabowo, General Manager Layanan Media dan Komunikasi LKBN Antara yang menyampaikan materi tentang tekhnik menyusun konten konvergen. 

Para peserta pelatihan yang terdiri dari wartawan PWI Sumbawa Barat mengikuti kegiatan dengan antusias. Peserta yang mayoritas merupakan wartawan media online, menghujani para nara sumber dengan beragam pertanyaan terkait materi yang disampaikan. Ketua PWI NTB, Nasruddin Zein, mengharapkan para peserta bisa memanfaatkan maksimal pelatihan dimaksud untuk menggali ilmu sebanyak mungkin dari para nara sumber yang dihadirkan. 

"Kawan-Kawan PWI Sumbawa Barat sangat beruntung bisa menggali langsung ilmu dari para ahlinya yang hadir sebagai nara sumber. Kami berharap pasca mengikuti pelatihan ini para peserta akan semakin ekspert dalam mengelola informasi dalam bentuk teks, video maupun foto sehingga tersaji menjadi karya jurnalistik berkualitas bagi masyarakat," ujar Nasruddin Zein, usai menghadiri acara pembukaan pelatihan.

Terpisah, salah seorang peserta pelatihan, Unang Silatang, mengaku sangat beruntung bisa mendapat kesempatan mengikuti pelatihan dimaksud. "Banyak sekali ilmu baru yang kami dapatkan dari para nara sumber. Ini akan menjadi bekal bagi kami untuk meningkatkan kualitas penyampaian informasi kepada masyarakat, terutama melalui konten-konten yang menarik dan berkualitas," ujar Pimred ArkiFM.com itu. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.