Tahun Ini, Gedung Dua SMP di Kecamatan Poto Tano Dibangun


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) memastikan pembangunan gedung sekolah SMPN 4 dan SMPN 5 Poto Tano dilaksanakan pada tahun ini. 

"Kami akan pastikan dibangun tahun ini. Sekarang prosesnya dalam tahap tender," terang kepala Dinas Dikbud KSB Khusnuarti, S. Pd Jumat, (8/9/2023). 

Dijelaskannya, telah dilaksanakan pembebasan lahan untuk kedua sekolah itu. Untuk SMPN 4 Poto Tano yang berada di desa Senayan, pembebasan lahannya dilaksanakan dalam 2 tahun anggaran yakni 2022 dan 2023. Sementara SMPN 5 di desa Tua Nanga dianggarkan pada ABPD murni tahun 2023. "Clear lahannya maka pemerintah lanjut menganggarkan pembangunannya lewat APBD Perubahan tahun ini," paparnya seraya menambahkan, tender perencanaan dan pengawasan pembangunan kedua sekolah pun telah selesai. 

Jadi tinggal menunggu (tender) pelaksana pembangunannya saja, pembangunan gedung kelas dan sarana penunjang lainnya kedua sekolah itu sendiri sepenuhnya dibiayai APBD. Ia mengatakan, tidak ada anggaran pusat berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) yang menyertai pembiayaan kedua sekolah tersebut, karena pemerintah KSB ingin menyegerakan kelancaran akses pelayanan pendidikan di wilayah Kecamatan Poto Tano. "Kita diinstruksikan segera (membangunnya) karena memang sudah lama disuarakan masyarakat. Apalagi SMPN Senayan siswanya tahun depan sudah ada yang tamat tapi sampai sekarang masih menumpang di SDN Senayan belajarnya," bebernya. 

Selanjutnya Khusnuarti menginformasikan, SMPN 5 Poto Tano sebenarnya merupakan bagian dari Sekolah Satu Atap (Satap) Tua Nanga. Dalam perjalanan waktu, jumlah siswa SMP yang belajar di sana terus bertambah sehingga oleh Dinas Dikbud diputuskan dipisahkan dari Satap Poto Tano menjadi satuan pendidikan tersendiri. 

"Pertimbangan kami memisahkan SMP-nya karena ruangan belajar dan fasilitas Satap sudah tidak memadai lagi karena semakin banyaknya siswa. Nah dengan nomenklatur barunya sebagai SMP sekarang kan bisa leluasa melengkapi apa-apa yang dibutuhkan siswa," tukasnya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.