Bersama Ribuan Masyarakat, Anggota Kodim 1628/SB Ikut Meramaikan Pawai Budaya


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Berbaur dengan masyarakat anggota Kodim 1628/Sumbawa Barat ikut berpartisipasi dan meramaikan pawai budaya dalam rangka hari ulang tahun Kabupaten Sumbawa Barat Ke-20 yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, Kamis, (16/11/2023)

Pawai budaya dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Sumbawa Barat Ke-20 diikuti oleh ribuan masyarakat dari berbagai kalangan yang bermukim di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat dan instansi pemerintah yang menampilkan pakaian adat dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja mengatakan, pawai budaya daerah adalah salah satu momen yang sangat dinantikan oleh masyarakat di Kabupaten Sumbawa Barat. Acara ini tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga sarana untuk memperkuat rasa persatuan dan kebangsaan, serta mempromosikan kekayaan budaya daerah.

Dalam perayaan ini, berbagai elemen masyarakat dari beragam latar belakang etnis dan budaya serta anggota Kodim 1628/Sumbawa Barat berpartisipasi dengan penuh semangat. "Mereka mengenakan pakaian adat, membawa replika rumah tradisional, alat musik tradisional, dan atraksi budaya lainnya. Setiap kelompok tampil dengan energi dan semangat tinggi, mencerminkan kebanggaan akan budaya daerah mereka," ucap Dandim.

Ia juga menyampaikan, pentingnya melestarikan budaya daerah sebagai warisan yang tak ternilai. Dandim mengingatkan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam menjaga keberagaman budaya.

Pawai budaya daerah ini juga menjadi momen bagi pemerintah daerah untuk mempromosikan potensi wisata, kuliner, serta keindahan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Sumbawa Barat. "Menyajikan berbagai sajian kuliner khas daerah serta pameran kerajinan tangan lokal, acara ini tidak hanya memperkenalkan budaya, tetapi juga mendukung perkembangan ekonomi lokal," kata Dandim.

Perayaan hari jadi Kabupaten Sumbawa Barat yang ke-20 tahun ini mencerminkan semangat kebersamaan dan cinta akan budaya lokal. partisipasi aktif masyarakat dalam pawai budaya daerah menjadi contoh bagaimana kekayaan budaya dapat menjadi sumber inspirasi dan persatuan bagi semua warga. Diharapkan, perayaan ini akan terus berlanjut sebagai wujud pelestarian warisan budaya daerah dan semangat persatuan di Kabupaten Sumbawa Barat," tutup Dandim. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.