Dikbud NTB, Sambut HGN Dengan Parade Gendang Beleq


Lintas NTB, Mataram -
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar festival parade budaya dengan tema kirab budaya gendang beleq adat nyongkolan. Sebanyak 12 SMA/SMK dan SLB di NTB yang memiliki sanggar gendang beleq dilibatkan untuk memeriahkan Hari Guru Nasional (HGN) 2023. Gelaran Sabtu Budaya ini bekerjasama dengan Pocari Sweat yang dilaksanakan pada Sabtu, (25/11/2023).

Kepala Dinas Dikbud NTB H. Aidy Furqan, M.Pd mengatakan untuk menyambut HGN, diisi dengan parade gendang beleq, ini momen yang sangat langka, acara ini juga dimeriahkan oleh sekolah menengah atas yang berasal dari Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat.

"Parade gendang beleq ini langka diselenggarakan, semoga kedepannya bisa secara rutin diselenggarakan," ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Kebudayaan Dikbud NTB, Lalu Abdurrahim, menjelaskan, festival ini merupakan bagian dari momentum peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023. Harapannya dapat menggugah dan mengasah kreativitas para siswa, khususnya dalam bidang kebudayaan. "Moment ini juga untuk memarakkan Hari Guru Nasional, sehingga kreasi dan kreativitas para siswa akan tergugah," ujar Abdurrahim. 

Lebih lanjut, Abdurrahim menambahkan bahwa, kegiatan ini juga merupakan implementasi dari program Gebyar Sabtu Budaya yang telah lama dijalankan oleh Pemerintah Provinsi NTB.

Festival parade budaya gendang beleq ini menjadi ajang yang meriah dan penuh warna usai Dikbud NTB menggelar upacara HGN 2023 di halaman kantor Dikbud NTB.

Parade ini juga menjadi moment special, karena sepanjang jalan penampilan para peserta menjadi daya tarik tontonan tersendiri untuk warga. Bahkan tidak sedikit warga berbondong-bondong keluar rumah untuk menyaksikannya.

Pada acara ini, terpilih lima tim dengan penampil terbaik. Mereka berasal dari SMA Negeri 1 Mataram, SMA Negeri 2 Mataram, SMA Negeri 3 Mataram, SMA Negeri 1 Narmada dan SLB Negeri 1 Lombok Barat. (LNG06)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.